101 Ikan Hias Air Tawar Nusantara
Oleh Administrator

101 Ikan Hias Air Tawar Nusantara

01 Februari 2016  |  Buku

Penulis Djamhuriyah Syaikh Said dan Hidayat
Editor : Djamhuriyah Syaikh Said dan Hidayat
     

Buku ini berisi informasi 101 jenis ikan hias air tawar Asli Indonesia yang selanjutnya disebut Ikan Hias Nusantara. Ikan-ikan tersebut tersebar di Papua Barat (Irian), Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Akan tetapi cenderung didominasi oleh ikan hias yang berasal dari Papua yang berjumlah 49 jenis. Dua jenis di antaranya merupakan hasil rekayasa (hibridisasi) yang dilakukan di Laboratorium Pusat Penelitian Limnologi-LIPI. Kedua ikan hasil hibridisasi tersebut diberi nama Glonisaida dan Glopicoo.
Sebagian besar isi buku ini merupakan jenis-jenis ikan hias endemis, dan beberapa di antaranya dalam kondisi terancam punah.
Sebanyak 22 jenis berasal dari Sulawesi dan sebanyak 30 jenis berasal dari Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Buku ini berbentuk butiran yang menyajikan informasi nama ilmiah, nama umum, bahkan nama lokal (apabila ada). Juga dilengkapi informasi daerah penyebaran, faktor-faktor penting dalam pemeliharaan, juga informasi reproduksinya.
Keindahan dari jenis-jenis ikan yang disajikan ditampilkan dalam bentuk gambar. Selain itu dalam buku ini juga disajikan definisi bentuk-bentuk habitat dan dilengkapi dengan gambar contoh setiap bentuk habitat seperti sungai, danau, waduk, dan lainnya.

Copyeditor Lani Rachmah
Layouter : Erna Rumbiati dan Ariadni
Cover designer  : Rusli Fazi
Registrasi : ISBN 978-979-799-830-1 (08/06/15)
Halaman : 258 hlm.
Dimensi : A5 (14,8 x 21 cm)

©2015 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi