Adaptasi–Peningkatan Ketahanan Air Tawar di Kepulauan Aru
Oleh Administrator

Adaptasi–Peningkatan Ketahanan Air Tawar di Kepulauan Aru

06 Oktober 2020  |  Buku

Penulis: Wahyoe Soepri Hantoro, Mohamad Rahman Djuwansah, Eko Subowo, Ida Narulita, Mohamad Aziz Furqon, Tjoek Azis Soeprapto, Heri Nurohman, Engkos Kosasih, dan Suyatno

Kerentanan di Pulau Aru terhadap kejadian ekstrem menjadi ancaman terhadap neraca air, terutama di kawasan pesisir landai. Diperlukan strategi adaptasi guna meningkatkan daya dukung lingkungan sekaligus daya dukung neraca air sehingga terbangun sistem pengelolaan-penyimpanan air secara lestari dan bijaksana.

Kerangka kerentanan, mitigasi, dan adaptasi coba disajikan melalui pendekatan pemulihan dan penguatan lingkungan sehingga bisa menjadi alternatif solusi permasalahan di Pulau Aru. Oleh karena itu, buku ini dapat menjadi acuan cara menganalisis dan menentukan teknologi yang sesuai untuk memperkuat ketahanan air bersih di gugusan pulau datar dalam menghadapi kerentanan kejadian ekstrem alam.

Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pengambil kebijakan dan masyarakat luas, utamanya mereka yang tinggal di daerah pesisir landai.

 Selamat membaca!

Copyeditor Tantrina Dwi Aprianita
Layouter : Ermina dan Meita Safitri
Cover designer  : Dhevi E.I.R. Mahelingga
Registrasi : ISBN 978-602-496-152-7
Halaman : xxii + 303 hal.
Dimensi : A5 (14,8 × 21 cm)

©2020 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi