Asa Puslit Arkenas Miliki Penerbit
Oleh Administrator

Asa Puslit Arkenas Miliki Penerbit

17 Desember 2018  |  Berita

Jakarta – Senin (17/12) LIPI Press berkesempatan berbagi pengalaman terkait pengelolaan penerbitan ilmiah. Kegiatan tersebut diikuti oleh 15 orang peserta yang terdiri dari peneliti senior dan pengelola jurnal. Bertempat di Ruang Rapat Lantai 2, Gedung A, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Jalan Condet Pejanten, Pasar Minggu.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti rencana Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) mendirikan suatu penerbit. Penerbit tersebut diharapkan dapat memfasilitasi penerbitan KTI jurnal dan buku hasil penelitian dari 10 UPT yang berada di bawah Puslit Arkenas, saat ini masing-masing UPT menerbitkan satu jurnal.

Dalam kesempatan tersebut, berdasarkan hasil diskusi, Rahmi Lestari Helmi, S.Si., M.Si. selaku Kepala LIPI Press yang hadir sebagai narasumber memberikan beberapa catatan. Pertama, perlu dipertimbangkan secara matang urgensi untuk mendirikan penerbit. Terutama terkait dengan ketersediaan sumber daya (SDM dan anggaran) dan arah organisasi; Kedua, jika dipandang telah memiliki landasan urgensinya, mendirikan penerbit dapat dilakukan secara bertahap, tidak bisa sekaligus; Ketiga, pentingnya membuat landasan hukum terkait pendirian penerbit. Selain itu, juga keterkaitan tugas dan fungsi struktural yang bertanggung jawab pada fungsi penerbitan kedepannya; dan keempat, pentingnya komitmen pimpinan dan lembaga untuk menjamin keberlangsungan dan penerapan standard mutu penerbitan.*/mfs

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi