Balitbang Kementerian PUPR Jalin Kerja Sama dengan LIPI Press
Oleh Administrator

Balitbang Kementerian PUPR Jalin Kerja Sama dengan LIPI Press

15 September 2016  |  Berita

Bekasi - Pada awal September 2016, LIPI Press mendapat kehormatan untuk sharing dan sosialisasi mengenai Mekanisme Penerbitan Buku Ilmiah. Dalam rangka pembinaan sumber daya manusia, khususnya Pejabat Fungsional Peneliti dan calon pejabat fungsional peneliti di lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Jabatan Fungsional Peneliti. Kegiatan yang dilaksanakan pada 6-7 September 2016 ini diikuti kurang lebih 30 orang peneliti, mulai dari calon peneliti hingga peneliti  utama dari Pusjatan PUPR. 

Dalam sambutannya Didin Saripudin, S.H. mewakili Kepala Pusjatan mengungkapkan harapannya terkait kegiatan sosialisasi Mekanisme Penerbitan Buku Ilmiah. “Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya para peneliti dan calon peneliti yang ada di lingkungan Pusjatan PUPR,” ujar pria yang menjabat Kepala Subbidang Sumber Daya Manusia Pusjatan PUPR pada pembukaan acara Selasa (6/9), di Balai Irigasi, Bekasi.

Pada kesempatan tersebut, LIPI Press mendapat kehormatan untuk menyampaikan topik mengenai Mekanisme Penerbitan Buku Ilmiah. Adanya keharusan bagi fungsional peneliti untuk menerbitkan hasil penelitian dalam bentuk buku ilmiah melalui lembaga penerbit (publishing house) menjadi salah satu alasan penting disampaikannya materi ini. Menyikapi adanya aturan tersebut, beberapa institusi litbang membentuk lembaga penerbitan sendiri dengan hanya mencantumkan kata “Press” pada bagian atau divisi yang sebelumnya hanya memiliki tugas cetak-mencetak dan mendiseminasikan hasil-hasil penelitian.

“Banyak usaha penerbitan yang dilakukan untuk menerbitkan hasil penelitian, namun tidak memiliki standar baku, baik proses penerbitan, persyaratan administrasi maupun kualitas substansi buku-buku yang diterbitkan,” ujar Kania Kushadiani, S.T, M.T. Kepala Seksi Penyiapan Bahan dan Produksi LIPI Press dalam pemaparan mengenai Mekanisme Penerbitan Buku Ilmiah.

Menurutnya penerbitan buku ilmiah harus dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh peneliti. “Penerbitan buku dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan ketentuan tentu akan merugikan peneliti sendiri. Bahkan penerbitan buku menjadi sia-sia karena peneliti kurang dapat memanfaatkan hasil terbitannya secara maksimal, seperti untuk kebutuhan peningkatan jenjang karier peneliti” jelasnya.  "Banyaknya buku-buku hasil-hasil penelitian dari Pusjatan yang akan dan sudah diterbitkan harus bisa ditinjau kembali agar ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya sebagai buku ilmiah."

Kania berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman baru mengenai tata cara penerbitan guna meningkatkan kualitas buku-buku hasil-hasil penelitian, khususnya di Pusjatan. Selain itu, dalam kegiatan yang dilaksanakan dua hari tersebut, peserta juga dibekali materi mengenai standar kompetensi Jabatan Fungsional Peneliti, Bidang Kepakaran Peneliti, Tiga Pilar Etika Peneliti, dan Bimbingan Teknis E-peneliti yang disampaikan oleh Pusbindiklat Peneliti LIPI.

Kerja Sama Penerbitan

Dalam acara terpisah, Ir. Bernaldy, CES selaku Sekretaris Balitbang PUPR menyampaikan dukungannya agar hasil-hasil penelitian Balitbang dapat diterbitkan melalui LIPI Press. “Dalam rangka meningkatkan peran Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Balitbang PUPR) terus berupaya untuk menghasilkan produk-produk yang dapat termanfaatkan, salah satunya melalui penerbitan buku-buku berkualitas,” tegasnya di acara sosialisasi dan koordinasi Tim Penilai Buku Balitbang PUPR pada Jumat (9/9). 

Bernaldy juga menambahkan penerbitan buku-buku dari Balitbang PUPR harus menjadi sumber acuan yang terpercaya. “Jangan sampai penerbitan buku hanya menjadi kepentingan peneliti, bahkan untuk arsip pun tidak ada” tegasnya. Beliau berharap penerbitan buku di PUPR kedepannya dapat menjadi lebih terarah dan sesuai dengan ketentuan. Oleh karena itu, kerja sama dengan LIPI Press diharapkan dapat berjalan sesuai dengan rencana.

“Saya berharap PUPR memiliki Tim Penilai Buku sendiri yang nantinya menyaring buku-buku dari Balitbang. Tim ini yang akan menyeleksi naskah buku dari Balitbang PUPR sebelum dikirim ke LIPI Press agar kualitasnya dapat terjamin,” tambahnya.

Menindaklanjuti rencana kerja sama penerbitan hasil-hasil penelitian, Balitbang PUPR telah membentuk sebuah Tim Penilai Buku. Tim ini terdiri atas beberapa pakar dari puslitbang yang ada di bawah Balitbang PUPR, seperti Puslitbang Sumber Daya Air, Puslitbang Jalan dan Jembatan, Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, dan Puslitbang Perumahan dan Permukiman. Tim ini yang nantinya bertugas untuk menyaring dan menyeleksi buku-buku yang akan diterbitkan melalui LIPI Press.

Oleh karena itu, pada Jumat (9/9) Balitbang PUPR kembali mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Konsolidasi Tim Penilai Buku bersama LIPI Press. “Balitbang PUPR berminat untuk bekerja sama dengan LIPI Press dalam menerbitkan buku. Oleh karena itu, kegiatan ini penting bagi tim penilai buku yang akan dibentuk untuk mengetahui ketentuan dan tata cara pembuatan buku ataupun bunga rampai,” tegas Ahyar S.S.T., M.T., selaku Kepala Subbagian Pengembangan Pegawai Balitbang PUPR dalam pembukaan acara di ruang rapat Pusat Irigasi, Bandung.

Kania Kushadiani, S.T, M.T. selaku perwakilan LIPI Press menyambut baik rencana kerja sama Balitbang PUPR tersebut. “Adanya kepercayaan dari Balitbang PUPR merupakan kebanggaan bagi LIPI Press. Kami harap Tim Penilai Buku dan Dewan Editor nantinya dapat bekerja sama dalam mengawal dan menghasilkan terbitan-terbitan buku yang berkualitas sesuai dengan yang diharapkan,” tegasnya.

Berdasarkan hasil pertemuan tersebut, disepakati adanya rencana kegiatan lanjutan untuk merealisasikan secara konkret kerja sama yang telah digagas ini. Semoga dengan adanya kerja sama ini akan mampu meningkatkan kualitas dan peran peneliti melalui karya-karyanya untuk kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia. */mfs/

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi