Bawa Pengetahuan Lokal ke Ranah Global: LIPI Press-Springer Perkuat Kerja Sama
Oleh Administrator

Bawa Pengetahuan Lokal ke Ranah Global: LIPI Press-Springer Perkuat Kerja Sama

19 November 2020  |  Berita

Jakarta - Rabu (18/20) dalam rangka membawa hasil-hasil penelitian ke ranah global, LIPI Press menyelenggarakan webinar bertajuk "LIPI-Springer Publishing Forum 2020". Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia Science Expo (ISE) 2020. Kegiatan ini merupakan forum bertukar pikiran antara penulis, calon penulis, peneliti, pemerhati publikasi, dan penerbit untuk berbagi pengalaman, pengetahuan dan bertukar pikiran tentang topik-topik aktual terkait kinerja publikasi buku (ilmiah) dan strategi co-publishing LIPI-Springer untuk meningkatkan aksesibilitas publikasi ilmiah.

Dalam sambutannya, Kepala LIPI L.T. Handoko menyampaikan bahwa LIPI sebagai otoritas ilmiah di Indonesia memiliki banyak sekali program untuk memajukan ilmu pengetahuan di Indonesia. “Salah satunya tersebut adalah Program Akuisisi Pengetahuan Lokal yang diusung oleh LIPI Press. Program ini dimaksudkan untuk mendokumentasikan pengetahuan lokal yang ada Indonesia, ke dalam bentuk/format yang baik dan mudah diakses. Seperti dalam bentuk buku, video, Youtube, dan sebagainya,” jelasnya.

Selain itu, Handoko menyampaikan bahwa LIPI juga selalu membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Lembaga dari luar negeri. Oleh karena itu, kerja sama LIPI Press-Springer ini menjadi sangat vital perannya dalam mendukung program yang dijalankan LIPI. Dalam hal ini mendukung program akuisisi melalui kerja sama penerbitan buku.

Forum penerbitan internasional ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Sebelumnya, forum serupa dilaksanakan pada 2018 dan 2019 yang dilakukan secara tatap muka, namun karena adanya pandemi Covid-19, pada tahun 2020 forum penerbitan internasional dilaksanakan secara daring dalam konsep webinar. Kegiatan tersebut menghadirkan pembicara dari Springer dan LIPI Press dengan beragam topik. Selain membahas strategi kerja sama penerbitan global, dalam forum ini juga membahas kebijakan Open Access serta penjajakan perluasan kerja sama penerbitan antara LIPI dan Springer.

Pada kesempatan tersebut hadir tiga perwakilan Springer, yaitu Alex Westcott Campbell selaku Senior Editor Humanities and Social Science, Southeast and East Asia yang membahas materi mengenai Springer-LIPI Co-Publishing in the HSS Books Program. Selanjutnya, untuk materi Publishing in Springer’s Science Program disampaikan oleh Dr. Ramesh Nath Premnath selaku Editor Applied Sciences untuk bidang Engineering, Materials Science, Energy, Water, Climat. Terakhir materi dari tim Spinger disampaikan oleh Sara Crowley Vigneau mengenai topik Open Access Publishing at Springer Nature.

Sementara itu, Prapti Sasiwi selaku Kepala LIPI Press berbagai mengenai perjalanan kerja sama LIPI-Springer dengan tema Global publishing partnership through the LIPI-Springer co-publishing. Kemudian, untuk memberikan gambaran dan pengalaman penerbitan buku melalui kerja sama antara LIPI-Spinger kepada peserta, acara ini juga menghadirkan perwakilan penulis buku dari peneliti LIPI. Knowledge sharing on co-published disampaikan oleh Athiqah Nur Alami selaku penulis sekaligus editor buku hasil terbitan LIPI-Springer co-publishing.

Diharapkan melalui kegiatan ini, kerja sama penerbitan antara LIPI-Springer dapat ditingkatkan, baik dari sisi jumlah judul maupun cakupan bidang ilmu. Sebagai informasi bahwa kerja sama yang selama ini berjalan baru dalam bidang Humanities and Social Science. Ke depan diharapkan buku-buku terbitan LIPI Press bidang ilmu hayati, teknik, dan kebumian juga dapat masuk ke dalam skema co-publishing LIPI-Springer.*/mfs

 

Rekaman kegiatan ini dapat disimak melalui: https://www.youtube.com/watch?v=dROiZYE9Rhc

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi