Buku LIPI Press Jadi Incaran Penerbit Internasional
Oleh Administrator

Buku LIPI Press Jadi Incaran Penerbit Internasional

20 November 2015  |  Berita

Frankfurt Book Fair yang digelar pada tanggal 14-18 Oktober 2015 memberi warna tersendiri bagi LIPI Press sebagai penerbit ilmiah nasional. Hal tersebut ditandai dengan terciptanya kerja sama dengan penerbit ilmiah internasional Springer yang berminat untuk menjadi co-publisher bagi sejumlah judul buku terbitan LIPI Press (baca: Secercah Cahaya LIPI Press di Frankfurt Book Fair).

Springer yang pada bulan Mei 2015 lalu mengalami merger dengan Nature Publishing Group merupakan perusahaan penerbitan global yang menerbitkan buku, buku elektronik, dan jurnal tinjauan sejawat dalam bidang sains, teknik, dan medis. Springer sendiri memiliki beberapa pangkalan data ilmiah, termasuk SpringerLink, Springer Protocols, dan SpringerImages dengan lebih dari 168.000 judul buku elektronik yang tersedia dalam 24 kategori koleksi. Buku-buku terbitan perusahaan yang berkantor di Berlin, Heidelberg, Dordrecht, dan New York City ini meliputi karya referensi besar, buku teks, monograf, dan buku berseri.

Potensi yang besar dari Springer tersebut menjadikan kerja sama perjanjian co-publishing ini sebagai sebuah langkah awal guna membuka kesempatan yang lebih luas bagi buku-buku hasil penelitian LIPI untuk lebih dikenal dunia Internasional.

Kepala UPT Balai Media dan Reproduksi LIPI Press, Rahmi Lestari Helmi menyatakan kerjasama penerbitan (co-publishing) dengan Springer adalah salah satu langkah penting dan strategis bagi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dikatakan demikian karena kerja sama tersebut memberikan arti, yakni (1) substansi terbitan LIPI Press dianggap layak secara kualitas oleh pihak mitra penerbit ilmiah dengan reputasinya yang berskala global dan (2) peluang untuk mendiseminasikan buku hasil penelitian LIPI kepada pembaca dalam lingkup global.

Dengan terbukanya kesempatan ini, diharapkan semakin banyak buku LIPI yang dapat diakses oleh masyarakat global. Terlebih jika mengingat segala keunikan yang dimiliki buku-buku LIPI, yang notabene merupakan luaran hasil penelitian yang komprehensif terkait dengan topik tertentu sesuai tugas dan fungsi lembaga litbang terkait. Selain itu, kerja sama dengan pihak luar ini dapat menjadi stimulus agar segera terbit PP regulasi tarif yang mengatur penjualan buku untuk LIPI Press yang sudah diusulkan sejak awal 2014. Dengan disetujuinya PP tarif tersebut maka akan terbuka peluang bagi penulis untuk mendapatkan reward atas hasil karya tulisnya.

Beliau juga memiliki harapan, khususnya bagi dunia penelitian Indonesia, agar kerja sama ini dapat semakin memotivasi lebih banyak peneliti untuk mempublikasi hasil penelitian yang bermutu. Di sisi lain, LIPI Press pun semakin meningkat kapasitas sumberdayanya untuk memfasilitasi layanan penerbitan ilmiah secara paripurna (total solusi penerbitan).

Sementara itu judul buku yang diminati oleh Springer untuk diterbitkan secara internasional, antara lain Alfred Russel Wallace: Kiprah dan Karyanya sebagai Ilmuwan Sosial oleh Dhurorudin Mashad, Pertumbuhan Penduduk dan Kesejahteraan oleh Mita Noveria, From Colonization to Nation-State oleh Riwanto Tirtosudarmo, Hubungan Indonesia-Cina dalam Dinamika Politik, Pertahanan, Keamanan, dan Ekonomi di Asia Tenggara oleh Lidya Christin Sinaga, dan Politik Luar Negeri Indonesia dan Isu Keamanan Energi oleh Athiqah Nur Alami. Kelima judul tersebut merupakan terbitan hasil penelitian para peneliti LIPI yang tergabung dalam Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan.

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi