Daftar Jenis Tumbuhan di Pulau Wawonii, Sulawesi Tenggara
Oleh Administrator

Daftar Jenis Tumbuhan di Pulau Wawonii, Sulawesi Tenggara

02 Februari 2016  |  Buku

Penulis: Rugayah, Siti Sunarti, Diah Sulistiarini, Arief Hidayat, dan Mulyati Rahayu

Buku Daftar Jenis Tumbuhan di Pulau Wawonii, Sulawesi Tenggara ini mengupas keanekaragaman flora di Pulau Wawonii. Penyajian buku ini disusun berdasarkan pada pengelompokan takson tingkat divisi, yaitu kelompok tumbuhan paku, Gymnospermae, dan Angiospermae (monokotil dan dikotil), kemudian disusun berdasarkan alfabet suku, marga, dan jenis. Setiap suku diberi karakter utamanya, kecuali suku baru. Setiap jenis dilengkapi sinonim, perawakan, data persebarannya, nama lokal serta koleksi spesimen herbarium dan atau spesimen bukti ekologinya. 
Selain itu, terdapat juga keterangan yang memuat peman-faatan oleh masyarakat serta statusnya apakah sebagai rekaman baru, endemik atau takson baru. Jenis-jenis umum atau sudah ditanam dan tidak memiliki spesimen bukti, diberikan keterangan sebagai tanaman budi daya atau di-lihat, sedangkan jenis-jenis liarnya sebagai data ekologi yang tidak ada spesimen buktinya, namun nama lokalnya ada, juga direkam. 
Selain bermanfaat untuk mahasiswa dan peneliti, sebagai salah satu pelengkap data dasar mengenai keanekaragam-an flora di Indonesia, buku ini juga merupakan referensi yang tepat bagi pemerhati tumbuhan dan pemerintah daerah dalam menentukan kebijakan pengelola dan pengembangan Pulau Wawonii.

Apakah Anda sedang menggeluti bisnis makanan abon, yaitu makanan yang terbuat dari serat daging hewan? Atau Anda ingin membuat abon dari daging ikan namun kurang mengetahui cara pembuatannya? Tak perlu khawatir, buku berjudul Modul Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Lele untuk UKM yang berada di tangan Anda ini akan membantu Anda menemukan jawabannya.

Modul ini cocok bagi Anda yang sedang menggeluti usaha pembuatan abon dari bahan baku daging ikan segar, khususnya ikan lele. Dengan membaca modul ini, Anda diharapkan dapat lebih memahami teknik pembuatan abon ikan lele sebelum mempraktikkannya.

Tak hanya itu, modul yang merupakan hasil Litbang UPT Balai Pengembangan Proses dan Teknologi Kimia LIPI ini juga mengulas cara menentukan harga jual abon ikan lele dengan memperhitungkan beban biaya operasional. Lengkap, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Segera baca buku ini dan dapatkan wawasan baru tentang pembuatan abon ikan lele yang higienis dan efisien.   

Copyeditor Tantrina Dwi Aprianita
Layouter : Astuti K. dan Ariadni
Cover designer  : Dhevi E.I.R. Mahelingga
Registrasi : ISBN 978-979-799-844-8 (26/11/15)
Halaman : 32 hlm.
Dimensi : A5 (14,8 x 21 cm)

©2015 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi