Dengan Ba-ilau Memanggil Harimau: Tradisi Lisan Pesisir Selatan Sumatra Barat
Oleh Administrator

Dengan Ba-ilau Memanggil Harimau: Tradisi Lisan Pesisir Selatan Sumatra Barat

03 April 2020  |  Buku

Penulis : Sastri Sunarti
     
Tradisi lisan merupakan warisan budaya yang menyimpan banyak kearifan lokal dan filosofi kehidupan. Ironisnya, saat ini banyak tradisi lisan yang mulai hilang karena ditinggalkan penutur dan penikmatnya. Salah satu ragam tradisi lisan yang dikhawatirkan hilang adalah tradisi lisan ba-ilau, yaitu ragam tradisi lisan dari daerah Pesisir Selatan, Sumatra Barat.
Untuk melestarikan tradisi lisan tersebut agar tidak hilang (punah), salah satunya dengan menerbitkan buku ini. Buku ini tidak hanya mengulas tentang ba-ilau dari struktur teksnya, tetapi juga menjelaskan fungsi ba-ilau selain sebagai suatu kebiasaan sekelompok perempuan untuk membangkitkan semangat bekerja di sawah, juga dinyanyikan pada upacara menangkap harimau yang dilakukan oleh penduduk secara beramai-ramai.
Untuk itu, buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagai salah satu upaya pelestarian tradisi lisan. Selain itu, pemerintah daerah juga diharapkan dapat memfasilitasi dan mengenalkan kepada masyarakat berbagai macam tradisi lisan, terutama tradisi lisan ba-ilau.
Selamat membaca!

 

Copyeditor M. Sidik
Layouter : Rahma Hilma Taslima, Astuti Krisnawati, dan Dhevi E.I.R. Mahelingga
Cover designer  : Rusli Fazi dan Dhevi E.I.R. Mahelingga
Registrasi : ISBN 978-979-799-928-5
Halaman : xii + 360 hal.
Dimensi : A5 (14,8 x 21 cm)

©2020 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi