Dilema Pengelolaan Danau secara Multifungsi Perspektif Sosial dan Ekonomi
Oleh Administrator

Dilema Pengelolaan Danau secara Multifungsi Perspektif Sosial dan Ekonomi

23 Januari 2020  |  Buku

Editor: Intan Adhi Perdana Putri dan Syarifah Aini Dalimunthe

Penulis: Intan Adhi Perdana Putri, Mahmud Thoha, Mochammad Nadjib, Nur Hadiati Endah, dan Syarifah Aini Dalimunthe

Setiap tahun, jumlah danau berstatus kritis semakin bertambah di Indonesia, sejalan dengan meningkatnya eksploitasi yang tidak diikuti dengan upaya pelestarian. Hal ini membuat para peneliti dari Pusat Penelitian Ekonomi LIPI merasa perlu untuk melakukan kajian melalui berbagai pendekatan secara ilmiah untuk menemukan solusi dari permasalahan lingkungan tersebut.
Buku ini hadir di saat yang tepat untuk menjawab tantangan pengelolaan danau multifungsi di Indonesia. Dengan mengambil studi kasus pada pengelolaan Danau Maninjau, serta dikemas dalam penyajian yang informatif serta edukatif agar lebih mudah dicerna oleh berbagai pihak, bunga rampai ini mencoba menawarkan gagasan untuk menilik ulang tata kelola danau sekaligus diharapkan akan memberikan pemahaman yang jelas kepada para pembaca tentang pengelolaan danau secara multifungsi perspektif sosial dan ekonomi, yang memiliki tujuan untuk mempertahankan keberlanjutannya di masa mendatang.

Secara khusus buku ini dapat digunakan untuk berbagai pihak untuk memahami tentang tata kelola danau jangka panjang sehingga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan nilai kebudayaan, sosial dan ekonomi masyarakat tanpa menganggu pemulihan eksosistem biofisik danau. Selain itu, bunga rampai ini juga merupakan salah satu sumber referensi yang tepat untuk kalangan yang menaruh minat terhadap pengelolaan danau dan lingkungan sekitarnya, seperti: pemerintah daerah setempat, para peneliti atau aktivis lingkungan, akademisi maupun para pihak yang melakukan kajian terkait pengelolaan danau dan lingkungan sekitarnya.

 

Copyeditor Nikita Daning
Layouter : Erna R. dan Rahma Hilma Taslima
Cover designer  : Meita Safitri
Registrasi : ISBN 978-602-496-114-5
Halaman : xvi + 134 hal.
Dimensi : A5 (14,8 × 21 cm)

©2020 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi