Ekspedisi Sulawesi Barat: Flora, Fauna, dan Mikroorganisme Gandangdewata
Oleh Administrator

Ekspedisi Sulawesi Barat: Flora, Fauna, dan Mikroorganisme Gandangdewata

19 Maret 2019  |  Buku

Penulis Anang Setiawan Achmadi, Amir Hamidy, Ibnu Maryanto, Pungki Lupiyaningdyah, Vera Budi Lestari Sihotang, Sih Kahono, Abdulrokhman Kartonegoro, Marlina Ardiyani, Enung Sri Mulyaningsih, dan Atit Kanti
 Editor :  Anang Setiawan Achmadi, Amir Hamidy, Ibnu Maryanto, Pungki Lupiyaningdyah, Vera Budi Lestari Sihotang, Sih Kahono, Abdulrokhman Kartonegoro, Marlina Ardiyani, Enung Sri Mulyaningsih, dan Atit Kanti
     

Gandangdewata berasal dari dua kata, yaitu gandang yang artinya gendang dan dewata yang artinya dewa. Puncak Tanete Gandangdewata, dari jauh, terlihat seperti batu besar yang berbentuk bulat menyerupai gendang raksasa. Gunung Gandangdewata merupakan salah satu gunung tertinggi yang terletak di Kabupaten Mamasa, di bagian barat Sulawesi dan merupakan gunung tertinggi kedua setelah Gunung Latimojong. Gunung Gandangdewata dengan ketinggian 3.037 mdpl merupakan daerah tangkapan air terluas di Provinsi Sulawesi Barat. Hal inilah yang perlu dikaji lebih dalam terkait potensi sumber daya hayati, baik flora, fauna, maupun mikroorganisme di Gunung Gandangdewata yang belum terungkap optimal.

Buku Ekspedisi Sulawesi Barat: Flora, Fauna, dan Mikroorganisme Gandangdewata ini memberikan informasi awal tentang potensi sumber daya hayati berupa flora, fauna, dan mikroorganisme serta potensi keanekaragaman hayati di Gunung Gandangdewata dan sekitarnya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan, bahan obat, dan energi yang terbarukan. Hasil ekspedisi ini diharapkan dapat menjadi dasar acuan untuk pengelolaan dan pengembangan wilayah Sulawesi Barat, khususnya lingkungan di sekitar Gunung Gandangdewata.

Buku ini berusaha menampilkan keindahan dan keunikan keanekaragaman hayati di Gunung Gandangdewata, Sulawesi Barat. Semoga buku Ekspedisi Sulawesi Barat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam memperkaya pengetahuan terkait sumber daya hayati dan keanekaragaman hayati di Gunung Gandangdewata, Provinsi Sulawesi Barat.

Selamat membaca!

 

Copyeditor M. Sidik Nugraha
Layouter : Trisno Utomo, Siti Qomariyah, dan Rahma Hilma Taslima
Cover designer  : Trisno Utomo dan Meita Safitri
Registrasi : ISBN 978-979-799-957-5
Halaman : x + 167 hlm.
Dimensi : A4 (21 x 29,7 cm)

©2018 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi