Ekspedisi Sumba
Oleh Administrator

Ekspedisi Sumba

03 April 2020  |  Buku

Penulis : Amir Hamidy, Ary P. Keim, Andria Agusta, Maharadatunkamsi, Dwi Setyorini, Siti Meliah, M. Yusuf Amin, Edy N. Sambas, Atit Kanti, Awit Suwito, Yayan Wahyu C. Kusuma, Ahmad Fathoni, Florentina I. Windadri, Daisy Wowor, Ridwan, Nova Mudjiono, Haryono, Renny Kurnia Hadiaty, M. Fathi Royyani, Oscar Effendy, Hidayat Ashari, Yuli S. Fitriana, Maman Rahmansyah, Alex Sumadijaya, I Putu Gede P. Damayanto, Moch. Syamsul Arifin Zein, Kartini Kramadibrata, Rustandi, Farid Rifaie, Debora C. Purbani, Nilam F. Wulandari, Ruby Setiawan, Tri Ratna Sulistiyani, Dewi Rosalina, Taufik Mahendra, Supardi Jakalalana, Nanang Supriatna, I Nyoman Sumerta, Kurnianingsih, Ikhsan Noviady, Wahyu Tri Trilaksono, Rudi Hermawan, Sopian Sauri, Ade Lia Putri, Ujang Nurhaman, Dewi Susan, Trisno Utomo, Arief Supriatna, Penny Sylvania Putri, Adri Bintara Putra, M. Yunus Patawari, Gravinda P. Perdana, M. Irham.
 Editor :  Amir Hamidy, Witjaksono, dan Vera Budi Lestari Sihotang
Sumba adalah salah satu pulau di gugusan Kepulauan Nusa Tenggara, terletak di antara Pulau Flores dan Timar. Topografi Sumba berbukit-bukit dan bergelombang, secara umum bagian timur pulau lebih tinggi daripada bagian barat dengan puncak tertinggi Gunung Wanggameti (1.225 m) yang terletak di bagian tenggara pulau.

Melalui buku ini, LIPI berusaha menunjukkan bahwa kawasan Sumba memiliki potensi yang sangat beragam. Selain keindahan alam, keunikan, dan kearifan masyarakat, kawasan Sumba juga memiliki potensi yang tidak kalah penting, yaitu keanekaragaman hayati, seperti flora, fauna, dan mikrob yang bernilai tinggi, baik untuk ilmu pengetahuan maupun potensi untuk dikembangkan, khususnya di sekitar kawasan Taman Nasional Laiwanggi-Wanggameti (TNLW).

Melalui hasil-hasil penelitian dari para peneliti LIPI yang terangkum dalam buku ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan kesadaran baru bagi pemerintah daerah untuk terus berkoordinasi dengan Taman Nasional, khususnya dalam menjaga kelestarian ekosistem, mengembangkan, dan memanfaatkan keanekaragaman hayati di Sumba secara bijak dan sustainable. Dengan demikian, potensi yang ada dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

 

Copyeditor Heru Yulistiyan
Layouter : Trisno Utomo dan Siti Qomariyah
Cover designer  : Rusli Fazi
Registrasi : ISBN 978-979-799-928-5
Halaman : xx + 195hal.
Dimensi : A4 (21 x 29,7 cm)

©2017 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi