Fauna Jawa Seri Nematoda Parasit pada Vertebrata Liar di Pulau Jawa
Oleh Administrator

Fauna Jawa Seri Nematoda Parasit pada Vertebrata Liar di Pulau Jawa

13 Juli 2020  |  Buku

Penulis : Kartika Dewi dan Endang Purwaningsih
     

Keberadaan Nematoda parasit pada vertebrata liar (nondomestik) sangat menarik untuk dipelajari karena dapat bersifat zoonosis, yaitu menular dari hewan ke manusia atau dari manusia ke hewan. Seperti kata pepatah “Tak kenal maka tak sayang” maka buku ini berupaya mengenalkan jenis nematoda yang ada, khususnya di Pulau Jawa.

Buku ini disusun berdasarkan data nematoda pada vertebrata liar yang teridentifikasi dan tersimpan di Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) serta didukung dengan referensi dari berbagai hasil penelitian. Buku ini menyajikan berbagai informasi mengenai nematoda parasit pada hewan liar, morfologi umum, metode koleksi dan cara identifikasi, catatan jenis baru dan nilai ekonomi, serta jenis nematoda parasit yang ada di Pulau Jawa dan deskripsi jenisnya. Selain itu, penyajian tiap jenis nematoda dalam buku ini dilengkapi dengan foto serta gambar ilustrasi dari pengamatan dengan mikroskop elektron beserta sumber rujukannya.

Sebagai catatan ilmiah mengenai keanekaragaman jenis-jenis nematoda parasit di Pulau Jawa, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pihak-pihak yang berkepentingan, baik mahasiswa, pengambil kebijakan, maupun masyarakat, khususnya terkait data dan acuan identifikasi nematoda yang ada di Pulau Jawa.

 
Copyeditor Ira Purwo Kinanti
Layouter : Siti Qomariyah dan Dhevi E.I.R. Mahelingga
Cover designer  : Dhevi E.I.R. Mahelingga
Registrasi : ISBN 978-602-496-121-3
Halaman : xvi + 117 hal.
Dimensi : A5 (14,8 x 21 cm)

©2020 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi