Indonesia Emas Berkelanjutan 2045: Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia Sedunia. Seri 02: Kebudayaan
Oleh Administrator

Indonesia Emas Berkelanjutan 2045: Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia Sedunia. Seri 02: Kebudayaan

26 Juli 2021  |  Buku

Editor: Adrian Perkasa & Diandra Pandu Saginatari

Penulis: Luthfi Nurhidayat, Nibras Balqis Sakkir, Indah Pratiwi Tanjung, Ahmad Afnan Anshori, Zaimatus Sa'diyah, Maria Christine Catriona, Muhammad Ammar Hidayahtulloh, Jelita Citrawati Jihan, Octari Nabila Yestri, Muhammad Rafli Darmawan, Darmanto, Nove Zain Wisuda, dan Radityo Dharmaputra

LIPI Press berkolaborasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia menerbitkan rangkaian buku seri Indonesia Emas Berkelanjutan 2045: Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia Sedunia. Rangkaian bunga rampai ini terdiri dari 12 buku dengan sejumlah topik yang mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mencapai tujuan Indonesia Emas 2045. Buku ini merupakan seri kedua dari rangkaian tersebut.

Dari 17 target SDGs yang ada, beberapa yang dianggap erat dengan budaya terletak pada target 5 dan 11, berisikan isu-isu mengenai gender dan perlindungan anak, serta kota dan permukiman yang aman dan inklusif. Selain itu, Seri Kebudayaan ini menekankan pada aspek budaya yang sering kali terpinggirkan dalam narasi-narasi mengenai negara maju. Para penulis menggali tradisi lokal, pemahaman budaya, dan warisan alam (dan budaya) yang ada di Indonesia. Selanjutnya, hal tersebut dikaitkan dengan wacana mengenai pembangunan. Walaupun pembahasan dituliskan dalam sejumlah bab yang terpisah dan dengan topik yang berbeda, sejatinya para penulis melakukan diskusi besar mengenai keterkaitan dan peran penting aspek kultural dalam diskursus dan wacana soal pembangunan.

Buku ini diharapkan dapat menjadi bacaan yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya para pemangku kepentingan di bidang pembangunan. Temukan beragam sudut pandang serta sumbangsih pemikiran dari perwakilan pelajar Indonesia di seluruh dunia terkait kekayaan khazanah kebudayaan Indonesia yang berkelanjutan. Selamat membaca!

Copyeditor Sarwendah P. Dewi
Layouter : Ermina Dwi Suswanti dan Rahma Hilma Taslima
Cover designer  : Dhevi E.I.R. Mahelingga dan Nadea
Registrasi : 978-602-496-207-4 (no. seri lengkap cetak) 978-602-496-209-8 (cetak)
978-602-496-220-3 (no. seri lengkap e-book) 978-602-496-222-7 (e-book)
Halaman : xvi + 253 hlm.
Dimensi : 14,8 x 21 cm

©2021 Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi