Inilah Tiga Buku Terbaik LIPI Press 2019
Oleh Administrator

Inilah Tiga Buku Terbaik LIPI Press 2019

25 Oktober 2019  |  Berita

Serpong – Kamis (24/10) bertepatan dengan pelaksanaan hari kedua penyelenggaraan Indonesia Science Expo (ISE) 2019, bertempat di Ruang Cendana 1, ICE BSD LIPI Press kembali memberikan penghargaan untuk tiga buku terbaik. Pemberian penghargaan buku terbaik merupakan salah satu upaya LIPI Press untuk mengapresiasi upaya dan kerja keras penulis di lingkungan LIPI.

Ketiga buku terbaik terpilih setelah melalui tahapan penilaian oleh Dewan Editor LIPI Press. Penilaian dilakukan terhadap 24 judul buku terbitan LIPI Press yang penulisnya berasal dari satuan kerja di lingkungan LIPI, khususnya untuk periode terbit Agustus 2018–Juli 2019. Jumlah tersebut tidak termasuk buku panduan dan buku yang ditulis oleh penulis noncivitas LIPI. Adapun judul buku yang memperoleh nilai tertinggi pada tahun 2019 dan berhak mendapat penghargaan sebagai buku terbaik adalah sebagai berikut.

  1. Biodiversitas Perakitan Klon Unggul dan Pemanfaatan Bioresources Ubi Kayu untuk Mendukung Ketahanan Pangan, Editor Penulis: Enny Sudarmonowati, N. Sri Hartati, Ahmad Fathoni, dan Hartati dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.
  2. 50 Tahun ASEAN: Dinamika dan Tantangan ke DepanEditor Lidya Christin Sinaga, Khanisa, Faudzan Farhana, dan Pandu Prayoga dari Pusat Penelitian Politik LIPI.
  3. Keamanan Maritim ASEAN dalam Perspektif Ekonomi Politik Indonesia, Editor: Khanisa dan Faudzan Farhana dari Pusat Penelitian Politik LIPI.

Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi LIPI kepada para penulis yang telah menerbitkan buku melalui LIPI Press dengan melewati serangkaian prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan. Selain itu, upaya ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi menulis buku bagi seluruh civitas LIPI. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas publikasi ilmiah LIPI yang kredibel dan akuntabel sebagai lembaga penelitian yang berkelas dunia.

Pada kesempatan tersebut, Driszal Fryantoni, M.Eng.Sc., selaku Kepala LIPI Press menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang baik dari tim Dewan Editor LIPI Press. “Seluruh Dewan Editor telah memberikan hasil penilaian terbaik untuk 24 judul buku. Untuk itu, kami mengucapkan banyak terima kasih atas komitmen dan kerja sama para Dewan Editor atas hasil dan kerja kerasnya,” tegasnya.  

Menurutnya, apresiasi juga dilakukan dalam bentuk penyelenggaraan forum knowledge sharing dan bedah buku. “Selain mendapat penghargaan, salah satu buku terbaik akan dipilih untuk dibedah dan disiskusikan dengan mengundang beberapa pihak yang terkait dan paham dengan isu yang dibahas dalam buku tersebut,” tambahnya.

Ketiga buku tersebut dapat dibaca dan diakses secara mudah melalui website LIPI Press.  Miliki dan nikmati buku-buku hasil penelitian LIPI dengan aktif mengunjungi https://lipipress.lipi.go.id/.  */mfs/

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi