Jenis Ikan Introduksi dan Invasif Asing di Indonesia
Oleh Administrator

Jenis Ikan Introduksi dan Invasif Asing di Indonesia

28 September 2016  |  Buku

Penulis: Gema Wahyu Dewantoro dan Ike Rachmatika

Editor: Haryono

Sebagian dari kita mungkin tahu bahwa ikan hias semacam arwana brasil, oscar, platy, dan koi bukanlah ikan endemik Indonesia. Namun, barangkali hanya sedikit dari kita yang tahu bahwa beberapa ikan air tawar yang biasa dikonsumsi seperti mujair, mas, dan nila juga bukan ikan asli Indonesia. Mereka adalah golongan ikan-ikan introduksi (ikan pendatang) yang sengaja didatangkan ke Indonesia dengan tujuan tertentu, misalnya untuk memperbanyak jenis ikan budi daya yang unggul atau untuk memakan jentik-jentik nyamuk. 

Kenyataannya, kehadiran ikan-ikan introduksi tidak serta-merta menimbulkan dampak positif bagi ekosistem perairan alam Indonesia. Muncul persoalan serius berikutnya, yaitu terancamnya keberadaan ikan asli Indonesia. Penurunan populasi ikan asli Indonesia ini, salah satunya, dipicu oleh kurang terkontrolnya penyebaran ikan introduksi di perairan Indonesia. Belakangan diketahui bahwa beberapa ikan introduksi tersebut memiliki sifat agresif atau dapat juga membawa bibit-bibit penyakit tertentu sehingga berpotensi invasif bagi ikan-ikan asli Indonesia. 

Melalui buku ini, kita akan 'disuguhi' berbagai macam pengetahuan terkait jenis-jenis ikan introduksi (termasuk ciri biologis dan morfologisnya), dan juga ikan introduksi yang berpotensi invasif bagi kelestarian ikan asli Indonesia, serta bagaimana model penanganan yang efektif dalam menekan laju pertumbuhan ikan introduksi invasif di perairan Indonesia. 

Copyeditor Muhammad Kadapi
Layouter : Nur Aly dan Dhevi E.I.R. Mahelingga
Cover designer  : Rusli Fazi
Registrasi : ISBN 978-979-799-848-6
Halaman : xviii + 192 hlm.
Dimensi : A5 (14,8 x 21 cm)

©2016 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi