Karakteristik Batuan Induk Hidrokarbon di Cekungan Bogor, Jawa Barat
Oleh Administrator

Karakteristik Batuan Induk Hidrokarbon di Cekungan Bogor, Jawa Barat

29 Juni 2018  |  Buku

Penulis: Praptisih

Meningkatnya konsumsi minyak dunia serta menipisnya cadangan minyak yang ada, membuat kegiatan eksplorasi perlu dilakukan pada jenis lapangan yang baru. Eksplorasi berusaha dilakukan pada daerah cekungan, yang tersusun atas endapan berkarakteristik sedimen laut dalam. Hal ini telah terbukti dengan ditemukannya hidrokarbon pada daerah cekungan, seperti Cekungan Jawa timur. Oleh karena itu, keberadaan hidrokarbon pada cekungan-cekungan tersebut menjadi landasan untuk menemukan sumber minyak dan gas pada cekungan lain.

Buku ini juga mengulas mengenai informasi terkait Cekungan Bogor, baik mengenai batuan yang berpotensi sebagai batuan induk maupun karakter geokimia rembesan minyak. Ulasan dalam buku ini merupakan hasil pengamatan lapangan yang meliputi pengamatan stratigrafi dan pengambilan contoh batulempung. Selain itu, diperkuat dengan hasil analisis batuan dan rembasan minyak bumi yang meliputi analisis TOG, pirolisis Rock-Eva/, dan GCMS.

Semua informasi terkait dengan potensi batuan induk hidrokarbon di Cekungan Bogor sebagai kegiatan eksplorasi untuk menemukan lapangan minyak dan gas baru.

Copyeditor Tantrina Dwi Aprianita
Layouter : Siti Qomariyah dan Meita Safitri
Cover designer  : Dhevi E.I.R. Mahelingga
Registrasi : ISBN 978-979-799-963-6
Halaman : xvi + 97 hlm.
Dimensi : A5 (14,8 x 21 cm)

©2018 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi