KNOWLEDGE SHARING – KOMUNIKASI SAINS MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI
Oleh Administrator

KNOWLEDGE SHARING – KOMUNIKASI SAINS MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI

26 Februari 2021  |  Berita

Jakarta - Komunikasi sains merupakan praktik menginformasikan, mendidik,  mening­kat­kan kesadaran, dan membagi keajaiban tentang suatu topik yang berhubungan dengan sains. Namun, belum banyak publik yang tertarik dengan tema sains ini, karena masih dianggap terlalu serius dan berat untuk dapat dipahami.

Di era digital, mengomunikasikan sains secara cepat dan mudah diterima menjadi tantangan sekaligus peluang yang harus disikapi dengan baik. Oleh karena itu, komunikasi sains juga harus adaptif dengan perkembangan zaman, salah satunya dapat dilakukan melalui bentuk animasi.

Komunikasi sains tidak harus dilakukan secara langsung oleh peneliti sendiri, namun juga dapat berkolaborasi dengan para kreator konten, khususnya dalam membuat bentuk komunikasi yang lebih kekinian, seperti animasi. Karena Itu, adanya tim komunikasi di sebuah lembaga penelitian sangatlah penting.

Dalam kaitan ini, para Peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang memiliki tanggung jawab untuk mengomunikasikan pengetahuan dan pema­haman hasil-hasil penelitian kepada publik, juga dilakukan dengan cara kolaborasi. Upaya ini dilakukan agar sains hasil-hasil penelitian dan pengetahuan para peneliti LIPI dapat lebih mudah dipahami dan diakses publik.

Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press) sebagai salah satu satuan kerja di lingkungan LIPI yang memiliki tugas dan fungsi untuk menyebarluaskan informasi pengetahuan, telah membuat ragam film dan animasi yang dapat diakses melalui kanal YouTube LIPI oleh publik. Dalam kanal tersebut, terdapat dua daftar putar animasi yang dapat dinikmati publik, yaitu Bertanya Sains dan Belajar Bersama Peneliti.

Lalu apa yang harus dilakukan agar animasi ini menjadi bentuk komunikasi sains yang efektif? Bagaimana proses kreatif pembuatan animasi tersebut? Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, pada Kamis (25/2) LIPI Press menyelenggarakan kegiatan "Knowledge Sharing: Komunikasi Sains Menggunakan Media Animasi".

Kegiatan tersebut bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana membuat animasi. Sebagai salah satu bentuk media komunikasi sains, sebuah animasi haruslah efektif dan lebih menyenangkan dibandingkan cara-cara konvensional sehingga pesan dapat lebih mudah dipahami publik.

Acara tersebut diikuti oleh 185 peserta yang terdiri dari pembuatan animasi, komunikator sains, pranata humas, peneliti, dan mahasiswa. Pada kesempatan tersebut, hadir tiga narasumber untuk berbagi pengalaman, yaitu Penny Sylvania Putri, selaku produser, Laura Citra Zhahira selaku graphic designer, dan Mutia Maritha selaku motion graphic designer. Ketiganya merupakan para kreator di LIPI Press.

Kegiatan knowledge sharing ini dilakukan untuk mendukung tugas fungsi LIPI Press dalam mengakuisisi, mengemas,  dan menyebarluaskan berbagai infomasi ilmu pengetahuan yang ada di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan komunikasi sains yang efektif dapat meningkatkan literasi dan daya saing bangsa Indonesia.**PSP/Ed:MFS

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi