Knowledge Sharing dan Talk Show Buku Peranan LKM Non-Bank dalam Pembiayaan Usaha Mikro
Oleh Administrator

Knowledge Sharing dan Talk Show Buku Peranan LKM Non-Bank dalam Pembiayaan Usaha Mikro

19 November 2015  |  Berita

Pada hari Kamis (19/11), LIPI Press menyelenggarakan Knowledge Sharing dan Talk Show Buku LIPI Press 2015 Peranan LKM Non-Bank dalam Pembiayaan Usaha Mikro. Knowledge sharing dan talk show sendiri merupakan salah satu wujud kegiatan diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) kepada masyarakat pengguna. Acara ini pada prinsipnya bertujuan untuk memfasilitasi proses konversi invensi hasil penelitian menjadi inovasi yang pada akhirnya dapat memunculkan solusi penting dalam menanggulangi suatu persoalan di masyarakat, dalam hal ini adalah persoalan pembiayaan operasional dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Acara yang berlangsung pukul 10.00—12.30 WIB di Grand Atrium Solo Paragon Mal, Solo, JawaTengah ini melibatkan sejumlah narasumber dari berbagai latar belakang, antara lain pakar, peneliti, dan penulis buku Peranan LKM Non-Bank dalam Pembiayaan Usaha Mikro dari Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, perwakilan dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN), dan perwakilan dari Bank UMKM Jatim. Peserta acara berasal dari berbagai pihak yang terlibat dalam bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), antara lain peneliti bidang lembaga keuangan mikro dan usaha kecil menengah, praktisi, penggiat UMKM, pengambil kebijakan bidang lembaga keuangan mikro, perwakilan perbankan yang menangani urusan UMKM, pemerhati, media, dan jurnalis.

Lebih lanjut, Knowledge Sharing dan Talk Show Buku LIPI Press 2015 Peranan LKM Non-Bank dalam Pembiayaan Usaha Mikro bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemandirian pelaku UMKM melalui kegiatan forum knowledge sharing dengan berbagi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan. Melalui forum ini, diharapkan terbentuk jejaring kerja sama dan kesepahaman yang baik terkait dengan pemecahan masalah lembaga keuangan mikro. Forum ini juga diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas informasi dan penguatan jejaring bagi pelaku UMKM. Secara khusus, forum ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan LIPI untuk mendukung UMKM berbasis iptek.

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi