Knowledge Sharing: Komunikasi Sains melalui Film Dokumenter
Oleh Administrator

Knowledge Sharing: Komunikasi Sains melalui Film Dokumenter

31 Maret 2021  |  Berita

Jakarta – Rabu (31/3) bertepatan dengan Hari Film Nasional, LIPI Press menyelenggarakan kegiatan Knowledge Sharing: Komunikasi Sains melalui Film Dokumenter. Kegiatan yang diikuti oleh 128 peserta ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan informasi mengenai apa itu film dokumenter sains dan bagaimana proses pembuatannya.

Film dokumenter merupakan salah satu bentuk media untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian. Sejak awal penentuan ide atau tema hingga selesai, film dokumenter sarat dengan bingkai dan konstruksi tentang realitas dari pihak-pihak yang terlibat. Faktualitas film dokumenter dianggap mirip dengan berita, kental dengan usaha mengintepretasi fakta-fakta tentang peristiwa yang dinilai essensial dan eksistensial, serta dikaji secara mendalam, karenanya film dokumenter menarik untuk dianalisis.

Joris Ivens (1969: 26) dalam bukunya Camera & I, mengatakan bahwa karya film dokumenter bukan cerminan pasif dari kenyataan, melainkan terjadi proses penafsiran atas kenyataan yang dibuat oleh pembuat film documenter, atau dalam ungkapan lain ‘you can show what you ar’. Dalam hal ini, peranan seorang pencipta film dokumenter adalah menyusun fakta atau peristiwa sehingga khalayak merasakan betapa peristiwa itu menjadi sangat bermakna bagi suatu lingkungan kehidupan, dengan memberikan penafsiran lewat penyusunan kata yang akhirnya memberikan makna pada sebuah fakta bagi lingkungannya.

Peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memiliki tanggung jawab untuk menginformasikan pengetahuan dan pemahaman hasil penelitian secara luas kepada publik. Lalu apa yang harus dilakukan agar dokumenter sains ini menjadi bentuk komunikasi sains yang efektif? Karenanya, sebuah tim komunikasi di sebuah lembaga penelitian sangat penting keberadaannya untuk membantu mengemas komunikasi sains yang salah satunya dalam bentuk film dokumenter.

Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press) telah cukup banyak membuat ragam film dokumenter sains yang dapat diakses publik melalui kanal YouTube LIPI. Untuk itu, acara knowledge sharing ini diselenggarakan dalam rangka berbagi pengetahuan mengenai proses kreatif pembuatan film dokumenter sains tersebut.

Kegiatan knowledge sharing ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya dokumenter sains dan bagaimana proses pembuatannya. Upaya ini diharapkan dapat mendukung percepatan dan kemudahan penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui media audiovisual yang mudah dimengerti, lebih menarik dan lebih bermanfaat dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap konten-konten yang memuatan iptek. Semoga. */ash & mfs

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi