Koleksi Kebun Raya Banua: Tumbuhan Berpotensi Obat
Oleh Administrator

Koleksi Kebun Raya Banua: Tumbuhan Berpotensi Obat

28 September 2016  |  Buku

Penulis: Dodo, Saniyatun Mar’atus Solihah, dan Yuzammi

Editor: Joko Ridho Witono

Tumbuhan tidak hanya sebatas penghasil bahan pangan, papan, sandang, dan penghias taman, tetapi juga dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kearifan nenek moyang kita dalam menggunakan tumbuhan sebagai penawar sakit harus terus dilestarikan, di tengah semakin maraknya penggunaan obat-obatan berbahan kimiawi. Penggunaan obat-obatan tradisional warisan nenek moyang bangsa kita kembali dilirik karena efek samping yang ditimbulkan hampir tidak ada. Penggalian potensi dari berbagai jenis tumbuhan terus dilakukan untuk menemukan kandungan senyawa aktifnya.

Mengusung tema “Konservasi Tumbuhan Berkhasiat Obat Kalimantan”, Kebun Raya Banua telah memiliki berbagai jenis tumbuhan obat hasil eksplorasi dari berbagai kawasan hutan di Kalimantan Selatan. Kebun Raya Banua diinisiasi pada tahun 2010 dan memiliki luas 100 ha ini. 

Dalam buku ini diungkapkan secara ringkas jenis tumbuhan di Kebun Raya Banua yang berpotensi obat, mulai dari pertelaan singkat, sebaran, habitat, budi daya, hingga kegunaannya. Diharapkan, buku ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi semua kalangan masyarakat.

Copyeditor Muhammad Kadapi
Layouter : Nur Aly dan Meita Safitri
Cover designer  : Dhevi E.I.R. Mahelingga dan Muhammad Djohari
Registrasi : ISBN 978-979-799-850-9
Halaman : xiv + 130 hlm.
Dimensi : A5 (14,8 x 21 cm)

©2016 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi