Komnas HAM Jajaki Kerja Sama dengan LIPI Press
Oleh Administrator

Komnas HAM Jajaki Kerja Sama dengan LIPI Press

20 November 2017  |  Berita

Jakarta - Kamis (16/11), LIPI Press mendapat kunjungan dari Komnas HAM RI. Pertemuan dilaksanakan di ruang rapat LIPI Press dan diikuti oleh empat orang perwakilan peneliti Komnas HAM dan lima orang dari unsur pimpinan dan star editor LIPI Press.

Sesuai dengan UU No.39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, khususnya pasal 89 ayat (1), Komnas HAM melaksanakan fungsi pengkajian dan penelitian. Pelaksanaan fungsi tersebut dilaksanakan oleh para peneliti yang ada pada Bagian Dukungan Pengkajian dan Penelitian, Komnas HAM. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan pemberdayaan SDM peneliti yang notabene merupakan pejabat fungsional di bawah pembinaan LIPI, dianggap perlu untuk melakukan koordinasi dengan LIPI Press. Khususnya dalam pengelolaan hasil-hasil pengkajian dan penelitian.

Asri Oktavianty Wahono selaku Kepala Subbagian Dukungan Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM dalam sambutannya mengatakan bahwa “Komnas HAM memiliki staf PNS dengan jabatan fungsional sebagai peneliti, yang notabene berada dalam pembinaan LIPI. Dalam rangka mengelola hasil penelitian mereka dalam bentuk terbitan, termasuk advokasi dalam bentuk buku. Kami merasa perlu berkonsultasi dengan LIPI Press terkait hal ini,” tegasnya. “Berkaitan dengan itu, kunjungan ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai proses penerbitan ilmiah dan menjajaki kemungkinan adanya kerja sama dengan LIPI Press terkait penerbitan hasil-hasil kajian dan penelitian Komnas HAM,” tambah Asri.

Pada kesempatan tersebut, Rahmi Lestari Helmi selaku Kepala LIPI Press menyambut baik dan merasa terhormat dengan kunjungan ini. Oleh karena itu, untuk mengenalkan LIPI Press lebih jauh, Ibu Rahmi memberikan paparan singkat mengenai tugas dan fungsi LIPI Press dan proses penerbitan ilmiah secara umum. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai seluk-beluk penerbitan ilmiah, mulai dari alur proses penerbitan hingga jenis dan format buku yang disampaikan oleh Siti Kania Kushadiani selaku kepala Seksi Penyiapan Bahan dan Produksi LIPI Press. Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Beberapa topik yang menjadi bahan diskusi adalah terkait distribusi, harga buku, penilaian kinerja peneliti, dan terakhir terkait mekanisme kerja sama proses penerbitan.

Acara pertemuan diakhiri dengan sesi foto dan pemberian cendera mata berupa buku-buku terbitan dari LIPI Press. */mfs/

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi