LIPI Press Adakan Coaching Clinic: Ajari Aku Menyuntingmu
Oleh Administrator

LIPI Press Adakan Coaching Clinic: Ajari Aku Menyuntingmu

27 Oktober 2019  |  Berita

Serpong - Sabtu (26/10) menyemarakkan hari penutupan Indonesia Science Expo, LIPI Press menggelar coaching clinic “Ajari Aku Menyuntingmu”yang bertempat di Meeting Room 5A, Mezzanine Floor, ICE BSD. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 20 orang peserta dari latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari pelajar, guru, hingga praktisi penerbitan.

Acara coaching clinic dipandu dua editor LIPI Press yang berpengalaman dan terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas kiat-kiat melakukan penyuntingan bahasa yang dipandu oleh Sony Heru Kusuma. Sementara itu, pada sesi kedua dibahas mengenai teknik-teknik layout dan desain terbitan yang dipandu oleh Rahma Hilma Taslima.

Peserta tampak sangat antusias mengikuti acara ini, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul ketika sesi tanya jawab. Beberapa pertanyaan peserta yang menarik di antaranya adalah mengapa buku-buku terbitan luar negeri terlihat lebih enak dilihat . Selain itu, para peserta juga bertanya secara mendetail mengenai pakem penggunaan daftar pustaka dalam karya tulis ilmiah. Salah satu peserta dari SMA 95 mengaku sangat berminat untuk menulis sehingga merasa acara dapat membantu dirinya untuk mengasah kemampuan menulis.

Setelah sesi tanya jawab berakhir, peserta diberikan dua tugas terkait penyuntingan. Tugas yang pertama adalah mendeteksi kata baku dan tidak baku. Hasil pekerjaan masing-masing peserta kemudian akan dicek oleh peserta yang lain. Peserta terlihat sangat sumringah ketika mereka memilih jawaban yang benar, dan banyak juga kata baku yang baru mereka kenali. Selanjutnya, tugas yang kedua adalah menyunting beberapa paragraf bacaan. Di akhir acara, lima peserta terbanyak menjawab benar mendapatkan hadiah. Hadiah diserahkan langsung oleh Kepala LIPI Press, Driszal Fryantoni.*/MH/Ed:MFS/ 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi