LIPI Press Gandeng Buqu Diseminasikan Buku Digital Online
Oleh Administrator

LIPI Press Gandeng Buqu Diseminasikan Buku Digital Online

05 Januari 2017  |  Berita

Cibodas - Rabu (28/12), LIPI Press memperluas kerja sama distribusi konten buku digital secara online melalui kerja sama dengan PT Buqu Global (Buqu). Penandatanganan secara simbolis kerja sama distribusi penerbitan online tersebut dilaksanakan di Villa Medinila, Kebun Raya Cibodas, sebagai bagian dari acara Monitoring Evaluasi (Monev) dan Refleksi Akhir Tahun 2016 LIPI Press. Perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Rahmi Lestari Helmi selaku Kepala LIPI Press, Erlan Primansyah selaku CEO Buqu, dan disaksikan oleh Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Bambang Subiyanto.

Dalam sambutannya, Rahmi Lestari Helmi memberikan harapannya atas terjalinnya kerja sama antara LIPI Press dengan Buqu dalam distibusi konten buku digital secara online. Kerja sama ini merupakan salah satu langkah LIPI Press dalam mendiseminasikan ilmu pengetahuan khususnya hasil-hasil penelitian LIPI secara lebih luas kepada masyarakat.

Buqu sendiri merupakan penyedia ekosistem dan teknologi platform konten buku digital, penerbitan serta distribusinya. Distribusi konten buku digital Buqu terdiri dari skema penjualan melalui BuquStore dan skema perpustakaan melalui BuquLib. Salah satu kelebihan dari Buqu adalah skema unduhan format buku digital yang fleksibel per halaman atau per bab dari sebuah buku utuh. Selain itu, Buqu juga menjamin aspek keamanan konten buku digital melalui platform yang dikembangkan guna terhindar dari pembajakan.

Masih dalam Monev dan Refleksi Akhir Tahun 2016 LIPI Press, Bambang Subiyanto selaku Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI juga memberikan arahan dan harapan kepada LIPI Press di 2017. Dalam kesempatan yang sama, profesor riset yang juga Plt Wakil Kepala LIPI ini juga memberikan apresiasi kepada tiga Agen Perubahan, yakni Risma Wahyu Hartiningsih, Dhevi Enlivena Irene Restia Mahelingga, dan Bobby Wijaya Daulay serta tujuh Karyawan Teladan LIPI Press 2016, yakni Martinus Helmiawan, Prapti Sasiwi, Endang Puji Lestari, Bambang Hermanto, Ariyanto, Sarwendah Puspita Dewi, dan Tony Haryanto.

Selain rangkaian acara penandatanganan dan pemberian apresiasi, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini juga diisi dengan materi presentasi dan diskusi capaian kinerja oleh para penanggung jawab kegiatan di LIPI Press. Turut disampaikan pula paparan pengelolaan dan capaian Koperasi Media Repro selama tahun 2016. Kegiatan ditutup dengan presentasi catatan monitoring dan evaluasi kinerja LIPI Press selama tahun 2016 oleh tim perencana, monitoring, dan evaluasi (PME) LIPI Press.

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi