LIPI Press Makin Fresh dengan Open Monograph Press
Oleh Administrator

LIPI Press Makin Fresh dengan Open Monograph Press

18 November 2020  |  Opini

Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press) senantiasa berkomitmen dalam pengembangan sistem yang mengakomodasi proses bisnis penerbitan ilmiah secara daring. LIPI Press yang berdiri sejak 2002 telah memulai pengembangan sistem penerbitan ilmiah daring tersebut pada 2007 dengan alamat penerbit.lipi.go.id. Sistem penerbitan ilmiah daring LIPI Press saat itu dibangun dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Perl seperti yang digunakan pada situs utama LIPI.

Awal 2019 menjadi tonggak sejarah LIPI Press menjajaki sistem penerbitan ilmiah daring berbasis Open Monograph Press (OMP) bekerja sama dengan pustakawan dan IT PDDI menggunakan server PDDI. Pada awal 2020 sistem mulai diaplikasikan oleh tim OMP LIPI Press menggunakan server LIPI Press. Sistem OMP LIPI Press tersebut kini sudah dapat diakses melalui laman https://e-service.lipipress.lipi.go.id/press.

Sistem OMP mulai berjalan dan telah diuji coba pada Februari 2020 oleh tim dengan memasukkan file naskah dari bentuk manuskrip hingga terbit dalam bentuk ­e-book­ yang bisa diunduh bebas. Buku Usada yang menjadi uji coba pertama juga telah terindeks di Google Scholar pada Maret 2020. Hal ini membuktikan bahwa OMP mampu mengakomodasi penerbitan ilmiah dari pertama masuk sebagai manuskrip hingga terbit ebook pdf yang terindeks Google Scholar.

Pada 29 Juli 2020, Buku Usada yang terbit melalui OMP dan memiliki DOI telah terindeks Dimensions, capaian ini terus bertambah hingga pada akhir Oktober 2020 telah ada 11 buku LIPI Press yang terindeks Dimensions. Pencapaian ini menjadikan buku-buku LIPI Press semakin mudah diakses secara global, khususnya bagi akademisi internasional yang mencari referensi melalui situs-situs pengindeks global seperti Dimensions.

Pada akhir Oktober 2020 sebanyak 71 buku terbitan LIPI Press melalui OMP telah terindeks di Google Scholar. Sebanyak 18 buku di antaranya telah disitasi dalam Google Scholar.

Kini kami mengajak para penulis untuk berperan aktif menggunakan sistem OMP untuk penerbitan buku ilmiah yang lebih baik. Silakan ikuti panduan di bawah ini untuk mengunggah naskah melalui sistem OMP LIPI Press.

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi