Many Faces of Political Islam in the Middle East: Arah Baru Gerakan Politik Islam Pasca-Arab Spring
Oleh Administrator

Many Faces of Political Islam in the Middle East: Arah Baru Gerakan Politik Islam Pasca-Arab Spring

23 Oktober 2020  |  Buku

Editor: Nostalgiawan Wahyudhi

Penulis: Nostalgiawan Wahyudhi, Hamdan Basyar, Durorudin Mashad,Fakhry, Defbry Margiansyah

Buku ini merupakan intisari hasil penelitian panjang yang dilakukan sejak 2013-2018 oleh peneliti di Pusat Penelitian Politik LIPI. Para penulis mengupas secara komprehensif bagaimana pengaruh gelombang pasca Arab Spring terhadap negara-negara di Timur Tengah? Bagaimana wajah politik Islam di kawasan Timur Tengah? Bagaimana sikap negara-negara di kawasan Timur Tengah dalam menghadapi tantangan dari prilaku politik yang sangat dinamis dan selalu berubah pasca Arab Spring?

“Buku ini sangat penting dalam beberapa hal: pertama, membahas dinamika dan kompleksitas politik Islam di Timur Tengah kontemporer; kedua, menggambarkan gejolak transisi dari otoritarianisme ke demokrasi di beberapa negara Arab; ketiga, mendorong kajian komparatif tentang politik Islam dan transisi menuju demokrasi dengan Indonesia yang sama-sama berpenduduk mayoritas Muslim. Dengan cakupannya yang luas, karya ini menjadi bacaan wajib bagi setiap dan seluruh pengkaji dan peminat kajian Timur Tengah atau Dunia Arab, politik Islam dan demokrasi.”

—Prof. Azyumardi Azra, CBE

Guru Besar Sejarah Komparatif Masyarakat-Masyarakat Muslim

“Timur Tengah (dan juga Afrika Utara) menjadi kawasan yg paling dinamis bahkan membara, terutama sejak Arab Spring yg telah berkembang menjadi "Arab Summer" yg masih membawa hawa panas konflik di Suriah dan Yaman. Begitu juga, bagian dunia ini menjadi kawasan "perang perwakilan" (proxy war) khususnya antara Arab Saudi dan Iran, yg menampilkan "Perang Dingin" antara dua blok teologis, Sunni dan Syiah, juga antara kekuatan-kekuatan bipolar dan multipolar dunia. Semuanya membawa resonansi ke Dunia Islam dan dunia pada umumnya, dan mempengaruhi perubahan geopolitik dan geoekonomi global. Maka buku yg menganalisa perkembangan Kawasan TimTeng ini menjadi penting dan perlu dibaca.”

—M. Din Syamsuddin

Guru Besar Politik Islam Global FISIP UIN Jakarta

Copyeditor Fadly Suhendra dan Tantri Dwi A.
Layouter : Rahma Hilma Taslima
Cover designer  : Dhevi E.I.R. Mahelingga
Registrasi : ISBN 978-602-496-170-1
Halaman : xi + 252 hal.
Dimensi : A5 (14,8 × 21 cm)

©2020 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi