Mengenal Gayam: Tanaman Multimanfaat
Oleh Administrator

Mengenal Gayam: Tanaman Multimanfaat

09 Januari 2020  |  Buku

Penulis: Albert Husein Wawo, Ninik Setyowati, Ning Wikan Utami, Peni Lestari

Perubahan iklim sering dialami oleh Indonesia, baik kekeringan di beberapa wilayah maupun peningkatan intensitas curah hujan yang berdampak pada banjir, erosi, dan longsor. Kondisi ini mengharuskan kita lebih waspada dan berbenah, apa yang sebaiknya kita lakukan untuk “menabung” air agar melindungi sumber mata air dari kekeringan. Selain itu, perlunya menyiapkan resapan agar air hujan dapat tersimpan dalam tanah dan tidak langsung menjadi aliran sungai.

Gayam, tanaman multimanfaat yang telah menjadi tumbuhan langka, namun belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Salah satu keunggulan tanaman gayam adalah pada sistem perakarannya. Akar gayam sangat padat dan dalam sehingga berfungsi sebagai biopori, menjadi resapan air hujan dan melindungi sumber mata air. Oleh karena itu, Pusat Penelitian Biologi LIPI berusaha mengungkap beragam manfaat gayam, baik dari tanaman atau batangnya, perakarannya, maupun daun dan kanopinya.

Buku ini juga memuat informasi tentang persebaran, penyimpanan benih, ciri-ciri biologi, dan pengolahan buah gayam menjadi bahan pangan alternatif. Kulik buku ini lebih dalam untuk mengetahui manfaat tanaman gayam.

 

Copyeditor Ira Purwo Kinanti
Layouter : Astuti Krisnawati dan Ariadni
Cover designer  : Rusli Fazi
Registrasi : ISBN 978-602-496-097-1
Halaman : xviii + 126 hal.
Dimensi : A5 (14,8 × 21 cm)

©2019 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi