Mengenal Koleksi Tematik Kebun Raya Eka Karya Bali dalam Sebuah Taman
Oleh Administrator

Mengenal Koleksi Tematik Kebun Raya Eka Karya Bali dalam Sebuah Taman

19 April 2021  |  Buku

Penulis: I Dewa Putu Darma, Sutomo, Siti Fatimah Hanum, Ayyu Rahayu, dan Rajif Iryadi

Kebun Raya Eka Karya Bali merupakan salah satu kebun raya yang dikelola oleh Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPKTR-LIPI). Terletak di kawasan dataran tinggi Bedugul, kebun raya ini menjanjikan pemandangan alam yang sangat indah disertai dengan udara sejuk khas pegunungan. Koleksi tumbuhan dari dataran tinggi kering dan kawasan timur Indonesia menjadi ciri khas yang tidak terpisahkan dari Kebun Raya Eka Karya Bali.

Dibalik keindahan alam tersebut, buku ini akan mengulas taman tematik yang ada di Kebun Raya Eka Karya Bali. Koleksi tumbuhan yang ada terbagi ke dalam beberapa taman khusus sesuai dengan jenisnya, misalnya Taman Rhododendron, Taman Anggrek, Taman Kaktus, Taman Begonia, Taman Cyathea, Taman Bambu, dan Taman Aquatik. Selain itu, terdapat juga taman khusus yang menyimpan koleksi tumbuhan bermanfaat, seperti Taman Panca Yadnya dan Taman Usada. Tema kekayaan cerita budaya nusantara juga diusung oleh konsep taman tematik ini, seperti yang dapat ditemukan pada Taman Boulevard Ramayana.

Keindahan alam, kekayaan koleksi tumbuhan, serta keunikan desain arsitektur lewat taman tematik tersebut menjadi tiga keunggulan utama yang dapat Anda nikmati di Kebun Raya Eka Karya Bali. Buku ini telah merangkumnya bagi Anda, dan tentunya akan membuat Anda segera ingin berkunjung ke sana.

Copyeditor Sarwendah Puspita Dewi
Layouter : Rahma Hilma Taslima
Cover designer  : Dhevi E.I.R. Mahelingga
Registrasi : ISBN 978-602-496-196-1 (cetak) 978-602-496-195-4 (e-book)
Halaman : xix + 124 hal.
Dimensi : A5 (14,8 × 21 cm)

©2021 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi