Menjadi yang Terbaik, Tiga Buku Raih Penghargaan
Oleh Administrator

Menjadi yang Terbaik, Tiga Buku Raih Penghargaan

26 Agustus 2017  |  Berita

Jakarta - Rabu (23/8) dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-50 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), tiga judul buku mendapat penghargaan sebagai terbitan terbaik LIPI Press. Pemberian penghargaan ini sebagai rangkaian acara puncak peringatan HUT ke-50 LIPI, bertempat di Gedung Auditorium LIPI, Lantai 2, Jln. Jend. Gatot Subroto, No.10, Jakarta.

Ketiga buku yang mendapat penghargaan terdiri atas buku bunga rampai Exploring Indonesian Microbial Genetic Resources for Industrial Application dengan Editor Prof. Endang Sukara dan Puspita Lisdiyanti; buku bunga rampai Paradigma Ilmu Pengetahuan dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora di Indonesia dengan Editor Ignas Kleden dan Prof. Taufik Abdullah; dan buku ilmiah IKM Plus: Teknik Pengukuran Kepuasan Masyarakat untuk Mendukung Reformasi Birokrasi Instansi Pelayanan Publik karya I Gede Mahatma Yuda bakti dan Sik Sumaedi.

Ketiga buku tersebut mendapat penilaian tertinggi dari dewan juri dan menjadi yang terfavorit dari 22 judul buku yang terbit pada periode Agustus 2016–Juli 2017. Pemberian penghargaan ini bertujuan untuk memotivasi para peneliti dan sivitas LIPI lainnya agar terus berkarya dengan menerbitkan buku. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan ketersediaan publikasi ilmiah dalam bentuk buku yang bermutu dan kredibel guna memperkaya wawasan ilmiah, khususnya kegiatan hasil penelitian bagi masyarakat.

Sebelumnya, Senin (14/8) dalam acara Forum Panel Dewan Editor LIPI Press untuk penilaian buku terbaik, Dr. Mego Pinandito, M.Sc. selaku Pelaksana Tugas Deputi Jasa Ilmiah LIPI, menyambut baik pemberian penghargaan buku terbaik. “Kegiatan penghargaan buku ini sangat baik untuk menunjukkan apresiasi dan stimulus kepada para peneliti di lingkungan LIPI,” ujar pria yang juga peneliti Bidang Metrologi dan Kalibrasi LIPI. “Utamanya, bagaimana buku-buku terbitan LIPI tersebut dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat. Buku ilmiah harus menjadi bukti nyata hasil capaian dari kinerja LIPI,” tambahnya. Penghargaan tahun ini merupakan kali kelima sejak pertama diselenggarakan pada 2013 dan menjadi salah satu wujud komitmen LIPI Press untuk terus berupaya meningkatkan motivasi menulis buku bagi seluruh sivitas LIPI.

Di kesempatan yang sama, Kepala LIPI Press Rahmi Lestasi Helmi, S.Si., M.Si. menambahkan “Tidak hanya melalui pemberian penghargaan dan apresiasi, dukungan juga dilakukan dalam bentuk pendanaan penerbitan terhadap naskah-naskah yang layak dan memenuhi ketentuan serta kaidah yang dipersyaratkan”. Kepala yang juga Peneliti Muda Bidang Manajemen dan Bisnis ini berkomitmen untuk memfasilitasi forum-forum diseminasi bagi penulis, seperti diskusi dan bedah buku, serta melakukan penyebarluasan melalui penjualan di toko-toko buku seluruh Indonesia dan media online.

Penerbitan hasil-hasil penelitian menjadi sangat penting karena terkait dengan pertanggungjawaban LIPI kepada publik atas tugas dan fungsi yang diemban. Selain itu, publikasi terbitan ilmiah juga menjadi salah satu indikator kinerja utama (IKU) bagi suatu lembaga penelitian. Menghadapi tantangan tersebut, peran LIPI Press menjadi sangat strategis dalam melakukan penjaminan mutu ilmiah yang tinggi dan melaksanakan produksi, distribusi, dan diseminasi hasil-hasil terbitan LIPI. Upaya tersebut dalam rangka mendukung ketersediaan terbitan buku yang berkualitas melalui layanan penerbitan ilmiah LIPI Press yang semakin profesional, inovatif, dan akuntabel. Melalui penerbitan buku-buku hasil penelitian, diharapkan pemangku kepentingan memperoleh manfaat untuk dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan daya saing bangsa.*/mfs//ed:dei

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi