Metrologi Tegangan Listrik: Ketertelusuran dan Implementasi
Oleh Administrator

Metrologi Tegangan Listrik: Ketertelusuran dan Implementasi

19 November 2015  |  Buku

Penulis:R. Hadi Sardjono

Semua orang telah mengenal apa yang disebut sebagai besaran tegangan listrik. Namun, seberapa jauhkah mereka mengetahui spesifikasi teknis yang dimilikinya, seperti mengenai parameter-parameter ketelitian, kestabilan, dan efektivitasnya, tentu masih jarang. Parameter-parameter yang menentukan kondisi ketahanan cadangan tegangan listrik yang semakin terbatas terhadap kebutuhan yang semakin berkembang akan terjawab di dalam buku ini.
Pengertian mengenai parameter tersebut didefinisikan ke dalam pengertian ketertelusuran dan implementasinya melalui metrologi tegangan listrik. Metrologi tegangan listrik adalah ilmu yang mempelajari tentang besaran tegangan listrik, baik AC maupun DC dalam hal merancang rangkaian pengukuran dan menganalisis hasil pengukuran menurut JCGM-2008. Tingkat kompetensi kemetrologian seseorang dapat dibangun oleh penguasaan materi yang disajikan buku ini.
Berbicara mengenai tingkat kompetensi berarti tidak lepas dari perhitungan tingkat kegunaannya, seperti untuk skala laboratorium, skala industri, skala perguruan tinggi, dan skala awam. Buku ini sangat cocok untuk dipergunakan untuk pembekalan ketiga skala terdahulu untuk diimplementasikan dan didiseminasikan walaupun ada yang dapat dipelajari oleh masyarakat sebagai pengetahuan.

Copyeditor Tantrina Dwi Aprianita dan Fadly Suhendra
Layouter : Astuti Krisnawati dan Rahma Hilma Taslima
Cover designer  : Rusli Fazi
Registrasi : ISBN 978-979-799-820-2 (01/03/15)
Halaman : xvi + 119 hlm.
Dimensi : A5 (14,8 x 21 cm)

©2015 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi