Nasionalisme ala Milenial: Sebuah Disrupsi
Oleh Administrator

Nasionalisme ala Milenial: Sebuah Disrupsi

07 Januari 2021  |  Buku

Editor: Aulia Hadi dan Thung Ju Lan
Penulis: Aulia Hadi, Ibnu Nadzir, Hidayatullah Rabbani, M. Nur Prabowo S., Rusydan Fathy, Jalu Lintang Y. A., Puji Hastuti, Dicky Rachmawan, Fachri Aidulsyah, Anggy Denok Sukmawati, Fanny Henry Tondo, Annisa Meutia Ratri, Sentiela Ocktaviana, dan Thung Ju Lan

Generasi milenial merupakan generasi masa kini yang lahir pada 1980-an hingga 2000-an. Generasi ini sangat lekat dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan sering kali diasumsikan sebagai disruptor melalui keterhubungan dengan internet. Dalam bunga rampai ini, para penulis berupaya memberikan gambaran dan menganalisis ragam ekspresi milenial di ruang publik dalam mengartikulasikan nasionalismenya.

Bunga rampai ini berisi beragam pandangan penulis tentang bagaimana generasi milenial Indonesia memaknai kembali nasionalismenya. Lingkup buku ini mencakup 12 artikel yang dapat dikelompokkan ke dalam lima topik, yaitu pendefinisian pemuda milenial; pembentukan identitas milenial; ekspresi nasionalisme milenial; pendidikan, pemuda, dan bahasa generasi mileneal; serta kewargaan milenial.

Buku nasionalisme yang pernah dibuat oleh LIPI mempunyai alur dan format yang berbeda dengan buku ini karena para penulis buku ini umumnya memang generasi milenial yang cenderung memiliki keberagaman berpikir dan minat yang berbeda-beda. Dengan membaca buku ini, pembaca diharapkan mendapat pengalaman baru mengenai “nasionalisme ala milenial”.

Selamat membaca.

.

Copyeditor Ira Purwo Kinanti
Layouter : Siti Qomariyah dan Rahma Hilma Taslima
Cover designer  : Dhevi EIR Mahelingga dan Asfi
Registrasi : ISBN 978-602-496-176-3
Halaman : xvi + 300 hal.
Dimensi : A5 (14,8 × 21 cm)

©2020 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi