Peluncuran Buku On The Politics of Migration: Indonesia and Beyond oleh Migrant CARE
Oleh Administrator

Peluncuran Buku On The Politics of Migration: Indonesia and Beyond oleh Migrant CARE

08 Oktober 2015  |  Berita

Pada hari Rabu (7/10), salah satu buku LIPI Press yakni On The Politics of Migration: Indonesia and Beyond mendapat apresiasi dari Migrant CARE melalui acara bertajuk "Peluncuran Buku On The Politics of Migration: Indonesia and Beyond". Acara yang berlangsung pada sore hari ini dihelat di Hotel Akmani, Jl. Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

DR. Riwanto Tirtosudarmo, selaku penulis, didaulat menjadi pembicara bersama tokoh-tokoh pemerhati bidang migrasi lainnya seperti Prof. DR. Sulistyowati Irianto dari Fakultas Hukum UI, Prof. DR. Rosalia Scortino dari Mahidol University, Eva Kusuma Sundari, M.A. dari Bappenas, Wahyu Susilo dari Migrant CARE, dan Siti Badriyah selaku mantan buruh migran, serta Anis Hidayah sebagai moderator acara.

Dalam kerangka acuan kegiatan, Migrant CARE menuturkan bahwa penerbitan buku On The Politics of Migration: Indonesia and Beyond bukan hanya merupakan kompilasi karya akademik dari DR. Riwanto Tirtosudarmo yang awalnya berupa artikel berbagai jurnal, tetapi juga merupakan bagian dari perjalanannya melibatkan diri dalam advokasi buruh migrant. Oleh karena itu Migrant CARE, sebagai organisasi pembela buruh migran yang sejak awal mendapat dukungan pemikiran dari DR. Riwanto Tirtosudarmo, merasa terhormat untuk dapat menyelenggarakan acara peluncuran buku ini.

Migrant CARE sendiri merupakan lembaga yang sejak tahun 2004 berusaha untuk meningkatkan kualitas advokasi pembelaan buruh migran Indonesia melalui berbagai kajian dan menjalin relasi dengan kalangan akademisi yang melakukan studi tentang migrasi. Sedangkan DR. Riwanto Tirtosudarmo adalah peneliti demografi politik LIPI yang sejak dekade 1990-an melakukan kajian tentang migrasi tenaga kerja melampaui perspektif klasik pull-push factor. Tak hanya menjadi peneliti, DR. Riwanto Tirtosudarmo juga melibatkan diri dalam inisiatif-inisiatif masyarakat sipil dalam pembelaan buruh migran Indonesia. Dalam pandangan Migrant CARE, kolaborasi aktivis dan akademisi adalah hal yang mutlak untuk membangun gerakan advokasi buruh migran Indonesia.

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi