Pengelolaan Kebun Raya Daerah: Antara Kenyataan dan Harapan
Oleh Administrator

Pengelolaan Kebun Raya Daerah: Antara Kenyataan dan Harapan

06 November 2019  |  Buku

Penulis: Rachmini Saparita, Eki Karsani Apriliyadi, Savitri Dyah W. I. K. R., Akmadi Abbas

Pemerintah menyadari bahwa keberadaan kebun raya sangat penting sebagai pusat konservasi tumbuhan. Untuk itu, keberadaan kebun raya daerah, terutama Kebun Raya Jompie Parepare, Kebun Raya Batam, dan Kebun Raya Liwa, diharapkan dapat memicu munculnya kebun raya baru di setiap daerah di Indonesia. Keberadaan kebun raya sangat penting terkait fungsi utamanya, yaitu konservasi, penelitian, pendidikan, wisata, dan jasa lingkungan. Namun, sejauh ini pembangunan kebun raya daerah (KRD) belum memberi banyak manfaat bagi ekonomi masyarakat.

Buku ini selain memberikan rekomendasi bagi pengelola kebun raya di daerah, juga memberi gambaran adanya kesenjangan antara kenyataan yang menyimpan permasalahan dan harapan yang diinginkan. Semua permasalahan dan harapan tersebut menjadi dasar pengembangan model pengelolaan kebun raya yang dianggap sesuai dengan karakteristiknya. Dengan demikian, hasil rekomendasi kebijakan pengembangan sistem pengelolaan KRD yang tertuang dalam buku ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan kehidupan sosial ekonomi masyarakat di wilayah sasaran dan meningkatkan kesadaran tentang fungsi konservasi sehingga membantu dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Oleh karena itu, agar pengelolaan KRD berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, diperlukan koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah karena pembangunan kebun raya daerah tersebut bisa memberikan dampak positif, terutama bagi perekonomian masyarakat di sekitarnya.

 

Copyeditor Nikita Daning P.
Layouter : Erna R. dan Meita Safitri
Cover designer  : Dhevi E.I.R. Mahelingga
Registrasi : ISBN 978-602-496-056-8
Halaman : xx + 200 hal.
Dimensi : A5 (14,8 × 21 cm)

©2019 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi