Politik Islam di Arab Saudi, Kuwait, dan Uni Emirat Arab
Oleh Administrator

Politik Islam di Arab Saudi, Kuwait, dan Uni Emirat Arab

09 Januari 2020  |  Buku

Penulis Indriana Kartini, Muhammad Fakhry Ghafur, Nostalgiawan Wahyudhi, M. Hamdan Basyar, dan Dhurorudin Mashad
 Editor    Muhammad Fakhry Ghafur
     

Sejarah mencatat, pergolakan politik di negara-negara Timur Tengah tidak terlepas dari pengaruh Islam. Kegagalan rezim-rezim penguasa dalam memberikan kesejahteraan bagi rakyat diproses oleh gerakan sosialis dan organisasi keislaman. Kemunculan gerakan Islam yang termanifestasi dalam kegiatan politik menjadi sumber masalah serius bagi para rezim yang berkuasa pada saat itu. Penguasa ditekan untuk melakukan perubahan, dan beberapa negara di Timur Tengah berhasil melakukan perubahan melalui gerakan kudeta.

Uniknya, tidak semua negara di Timur Tengah terkena kudeta militer. Negara-negara Teluk yang kaya akan minyak dapat terhindar dari kudeta militer meski kawasan ini juga mengalami goncangan dinamika politik. Eksplorasi minyak menjadi berkah dalam memberikan kesejahteraan bagi rakyat sehingga gerakan protes secara masif di kawasan semenanjung Arabia ini dapat dihindari.

Buku ini memberikan analisis menarik mengenai eksistensi dan hubungan antara gerakan Islam dan negara di Timur Tengah, khususnya Arab Saudi, Kuwait dan Uni Emirat Arab sebagai representasi negara-negara Teluk. Kajian yang dilakukan cukup mendalam dan mampu memberikan gambaran secara komprehensif dalam menjelaskan fenomena gerakan Islam di Timur Tengah. Bagi pembaca yang menginginkan informasi mendetail berkaitan dengan dinamika Islamisme di negara-negara ini silakan membaca buku ini.

 

Copyeditor Risma Wahyu Hartiningsih dan M. Sidik
Layouter : Vidia Cahyani A. dan Rahma Hilma Taslima
Cover designer  : Meita Safitri
Registrasi : ISBN 978-602-496-072-8
Halaman : xiv + 194 hlm.
Dimensi : A5 (14,8 x 21 cm)

©2019 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi