Prosiding Geodiversity Seminar Nasional Ilmu Kebumian 2019: Riset Ilmu Kebumian untuk Pengembangan Geopark Nasional
Oleh Administrator

Prosiding Geodiversity Seminar Nasional Ilmu Kebumian 2019: Riset Ilmu Kebumian untuk Pengembangan Geopark Nasional

03 Juni 2021  |  Buku

Editor: Eko Haryono, Haryadi Permana, Sofyan Rahman, Chusni Anshori, Puguh Dwi Raharjo, Eko Puswanto, Dimas Aryo Wibowo, Ardhan Farisan, Sugeng Purwo Saputro, Kristiawan Widianto, Mohammad Al'Afif, Sueno Winduhutomo, Fitriany Amalia Wardhani, Nandian Mareta, Isyqi, dan Defry Hastria (Ed.)

Seminar Nasional Ilmu Kebumian yang diselenggarakan Balai Informasi dan Konservasi Kebumian (BIKK) LIPI bertujuan untuk menghimpun hasil penelitian terkait potensi, kebaruan informasi, penggunaan metode baru, serta pengembangan pendidikan dan penelitian dalam bidang ilmu kebumian ke arah pembangunan nasional. Seminar ini mengangkat tema “Riset Ilmu Kebumian untuk Pengembangan Geopark Nasional”. Tema tersebut dipilih dengan alasan untuk memberikan perhatian bagi pemangku kepentingan, terutama pemerintah daerah dan pemerintah pusat, untuk memberikan perhatian lebih bagi pengembangan geopark di Tanah Air.

Karya tulis ilmiah yang telah didiskusikan dalam seminar ini memiliki beberapa artikel dengan tema yang berkaitan dengan bidang geologi, yaitu 1) Petrologi dan Sumber Daya Mineral, 2) Lingkungan, Kebencanaan, dan Sistem Informasi Geografis, 3) Geodinamika (Tektonik, Paleontologi, Sedimentologi-Stratigrafi), dan 4) Geowisata (Pendidikan Geologi, Geodiversity, Biodiversity, Culture).

Semoga buku prosiding ini dapat bermanfaat bagi peneliti/akademisi, mahasiswa, dosen, dan terutama bagi pemerintah agar dapat mengoptimalkan setiap daerah memiliki tempat wisata untuk dapat menambah penghasilan daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar tempat wisata.

Selamat membaca!

Copyeditor Heru Yulistiyan, Ira Purwo Kinanti, dan Nikita Daning Pratami
Layouter : Astuti Krisnawati, Erna Rumbiati, dan Rahma Hilma Taslima
Cover designer  : Dhevi E.I.R. Mahelingga
Registrasi : ISBN 978-602-496-202-9 (e-book)
Halaman : xxiv + 1001 hlm.
Dimensi : A4 (21 x 29,7 cm)

©2021 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

 

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi