Secercah Cahaya LIPI Press di Frankfurt Book Fair
Oleh Administrator

Secercah Cahaya LIPI Press di Frankfurt Book Fair

20 Oktober 2015  |  Berita

Frankfurt Book Fair adalah pameran buku terbesar di dunia. Gelar tersebut tentu bukan isapan jempol belaka. Dimeriahkan 7.307 eksibitor dari 97 negara peserta, disatukan dalam 3.400 mata acara, diabadikan oleh 9.000 jurnalis terakreditasi, dan diperkirakan menyedot perhatian 286.000 pengunjung. Tak pelak Frankfurt Book Fair 2015 adalah acara akbar bagi siapa saja penggiat dunia perbukuan.

Acara yang digelar dari tanggal 14 s/d 18 Oktober 2015 ini juga terasa spesial bagi Indonesia. Tepat di usianya yang ke-70, negara ini mendapat kehormatan sebagai Guest of Honour, gelar tamu pilihan yang sejak tahun 1976 menjadi dambaan negara-negara peserta pameran buku terbesar dan tertua di dunia ini. Mengusung tema 17,000 Inseln der Imagination, 17.000 Pulau Imajinasi, Indonesia tidak hanya menawarkan indahnya keberagaman dari dunia perbukuan yang menjadi inti pameran, melainkan dari seni pertunjukan, film, hingga kuliner khas nusantara.

Berpusat di Frankfurt, Jerman, negeri tempat lahir Johannes Gutenberg ini menjadi saksi bagi ratusan penerbit dari Indonesia untuk unjuk gigi, termasuk LIPI Press. Sejumlah buku terbitan LIPI Press pun menghiasi rak buku stan Indonesia, tapi kali ini tidak untuk dijual, karena kebanyakan transaksi dalam Frankfurt Book Fair lebih kepada pembicaraan antar penerbit terkait hak cipta terjemahan.

Dengan segala potensinya, menjadi sebuah kesempatan berharga bagi para penerbit, termasuk LIPI Press, untuk turut serta dalam acara yang digelar tiap tahun ini. Bukan hanya sekedar gengsi semata, melainkan untuk lebih membuka mata dunia akan kualitas literasi Indonesia. Ya, literasi yang erat kaitannya dengan imajinasi, karena seperti apa yang dikatakan Anies Baswedan dalam pidato saat pembukaan Frankfurt Book Fair, "Indonesia, dengan lebih dari 17.000 pulau, yang kini tegak bukanlah ditegakkan oleh penaklukan, melainkan dibangun lewat imajinasi."

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi