Status Keanekaragaman Hayati Indonesia: Kekayaan Jenis Tumbuhan dan Jamur Indonesia
Oleh Administrator

Status Keanekaragaman Hayati Indonesia: Kekayaan Jenis Tumbuhan dan Jamur Indonesia

04 Desember 2019  |  Buku

Editor: Atik Retnowati, Rugayah, Joeni S. Rahajoe, dan Deby Arifiani

Sebagai sebuah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, diperkirakan terdapat puluhan ribu jenis tumbuhan dan jamur tumbuh di Indonesia. Salah satu upaya untuk mengungkap dan mengetahui kekayaan kehati tersebut adalah dengan mengompilasi dan menghitung data berbagai jenis tumbuhan dan jamur yang telah dideskripsikan dari berbagai sumber. Akan tetapi, jumlah jenis yang berhasil dikompilasi hingga saat ini belum menunjukkan kekayaan jenis secara keseluruhan. Oleh sebab itu, eksplorasi untuk melengkapi informasi keanekaragaman tumbuhan dan jamur tersebut masih sangat diperlukan, sebelum hilangnya hutan akibat perubahan iklim, konversi lahan, ataupun deforestasi terutama di pulau-pulau wilayah Indonesia timur.

Sehubungan dengan itu, buku ini hadir untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan terkini mengenai jumlah jenis jamur, lumut, lumut kerak, pteridofit, dan spermatofit yang tercatat di Pulau Jawa, Kalimantan, Maluku, Kepulauan Sunda Kecil, Papua, Sulawesi dan Sumatra. Pembahasan buku ini dilengkapi dengan informasi karakter, distribusi, habitat, dan kegunaan beberapa jenis tumbuhan dan jamur Indonesia.

Buku ini sangat tepat dipergunakan sebagai referensi bagi mahasiswa, akademisi, peneliti, pemerhati kehati, dan masyarakat umum untuk mengetahui secara lengkap jumlah jenis tumbuhan dan jamur di Indonesia. Dengan mengetahui jumlah jenis tumbuhan dan jamur, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian alam Indonesia.

 

Copyeditor Ira Purwo dan Sonny Heru Kusuma
Layouter : Siti Qomariyah dan Rahma Hilma Taslima
Cover designer  : Dhevi E.I.R. Mahelingga
Registrasi : ISBN 978-602-496-082-7
Halaman : xviii + 139 hal.
Dimensi : A5 (14,8 × 21 cm)

©2019 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi