Tata Kelola Penelitian di Lembaga Litbang Pemerintah dan Swasta
Oleh Administrator

Tata Kelola Penelitian di Lembaga Litbang Pemerintah dan Swasta

16 Oktober 2018  |  Buku

Penulis: Ikbal Maulana, Hartiningsih, Sigit Setiawan, dan Kusbiantono

Mengapa perlu ada tata kelola penelitian di lembaga litbang? Tidakkah para peneliti perlu diberi kebebasan akademis untuk menentukan arah serta bagaimana melakukan penelitian? Bukankah akan sulit bagi pihak lain, yang tidak menekuni bidang ilmu yang diteliti, untuk menilai kualitas suatu penelitian? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang coba dijawab dalam buku ini, serta dilihat bagaimana persoalan kualitas dihadapi dan ditangani oleh lembaga penelitian pemerintah maupun swasta yang ada di Indonesia.

Kebutuhan akan tata kelola muncul akibat adanya asimetri informasi antara pihak agen dan pihak prinsipal. Prinsipal menyerahkan dana untuk digunakan agen, namun prinsipal tidak bisa sepenuhnya mengetahui apakah agen benar-benar bekerja untuk memenuhi kepentingan prinsipal. Tata kelola dikembangkan untuk meningkatkan jaminan agar agen bekerja demi kepentingan prinsipal. Dalam kasus penelitian, yang melemahkan kualitas penelitian adalah prinsipal tidak memposisikan diri sebagai pihak yang berkepentingan terhadap penelitian yang berkualitas.

Karena itulah tata kelola yang berkembang dan dipraktikkan lebih banyak muncul dari inisiatif lembaga-lembaga litbang itu sendiri. Dan, buku ini juga menunjukkan bahwa ketatnya tata kelola penelitian yang dipraktikkan sangat tergantung pada keberadaan pihak luar yang menjadi penyandang dana sekaligus berkepentingan mendapatkan hasil kepentingan yang berkualitas.

 

Copyeditor Risma Wahyu Hartiningsih
Layouter : Andri Setiawan
Cover designer  : Rusli Fazi
Registrasi : ISBN 978-979-799-788-5
Halaman : xii + 109 hlm.
Dimensi : A5 (14,8 x 21 cm)

©2014 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi