Tatanan Orde Baru: Distorsi Ideologi Pancasila
Oleh Administrator

Tatanan Orde Baru: Distorsi Ideologi Pancasila

19 Maret 2019  |  Buku

Penulis Endang Retnowati
     
     

Pancasila berasal dari kristalisasi budaya tradisional Indonesia. Di era Orde Baru, Pancasila ditetapkan sebagai dasar berpikir dan bertindak setelah disederhanakan ke dalam bentuk norma untuk mewujudkan tatanan masyarakat selaras, serasi, dan seimbang. Melalui penyederhanaan rumusan Pancasila dan pendidikan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4), secara nasional Pancasila dinyatakan sebagai satu-satunya asas pada tahun 1985.

Namun, ideologi rentan terhadap penyimpangan, terutama dalam hal penerapannya. Pancasila pun tak luput dari hal tersebut. Buku ini akan mengupas tuntas distorsi ideologi Pancasila di era Orde Baru. Analisis terkait praktik-praktik ideologisasi Pancasila di masa kepemimpinan Soeharto akan dilakukan secara komprehensif, didukung dengan bukti dan fakta sejarah yang ada. Lebih jauh, dampak dari penyimpangan tersebut juga akan dipaparkan secara gamblang.

Semoga buku ini dapat membuka wawasan Anda dan menjadi pelajaran bagi kita semua mengenai pentingnya memahami Pancasila sesuai dengan tujuannya yang luhur.

 

Copyeditor M. Sidik dan Fadly Suhendra
Layouter : Ajar Lambangsih dan Rahma Hilma Taslima
Cover designer  : Dhevi EIR Mahelingga
Registrasi : ISBN 978-979-799-994-0
Halaman : xiv + 153 hlm.
Dimensi : A5 (14,8 x 21 cm)

©2018 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi