Tingkatkan Kerja Sama, LIPI-Springer Terbitkan 12 Judul Buku Hasil Penelitian
Oleh Administrator

Tingkatkan Kerja Sama, LIPI-Springer Terbitkan 12 Judul Buku Hasil Penelitian

26 Juni 2019  |  Berita

Jakarta ­- Selasa (25/6) LIPI Press menyelenggarakan acara yang bertajuk “LIPI-Springer Book Publishing Forum 2019. Kegiatan ini bertempat di Ruang Seminar PDDI LIPI dan diikuti lebih dari 130 peserta yang terdiri atas peneliti, akademisi, mahasiswa, dan pengelola serta pemerhati publikasi. Acara yang dikemas dalam bentuk talkshow ini menghadirkan beberapa narasumber dari LIPI dan Springer yang membahas berbagai topik perihal penerbitan secara global.

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi penulis yang notabene peneliti dan dosen dalam menerbitkan buku ilmiah di penerbit berskala global. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan menambah pengalaman dalam penyiapan proposal dan manuskrip untuk menerbitkan buku. Selain itu, bagi LIPI Press kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkuat jejaring penerbitan secara global sehingga memperluas akses publik terhadap hasil penelitian yang dilakukan LIPI.

Dalam sambutannya, Nur Tri Aries menegaskan bahwa “Sebagai institusi yang menjadi ujung tombak ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, publikasi yang diterbitkan LIPI harus menjadi acuan bagi para stakeholder. Oleh karena itu, pengakuan terbitan LIPI di kancah dunia adalah sebuah tantangan yang harus dijawab. LIPI Press dibentuk untuk menjawab tantangan tersebut, sekaligus sebagai acuan bagi penerbitan ilmiah di Indonesia,” tegas Sekretaris Utama LIPI ini dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Utama LIPI juga menyampaikan harapan. “Ke depan LIPI Press diharapkan terus memperkuat hubungan kerja sama seperti ini untuk mendorong peningkatan publikasi di masa mendatang,” jelas Nur Tri yang pernah menjabat sebagai Kepala Biro Kerja Sama Hukum dan Humas LIPI ini.

Sementara itu, Rahmi Lestari Helmi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan forum untuk berbagi pengalaman, pengetahuan dan bertukar pikiran terkait pengelolaan dan penerbitan publikasi ilmiah secara global. “Selain mengupas strategi untuk menerbitkan buku di penerbit global, forum ini juga akan mendiskusikan mengenai perkembangan penerbitan di Indonesia, gambaran open akses di Asia, dan sharing dari penulis yang bukunya telah diterbitkan melalui skema Co-publishing LIPI-Springer,” jelas wanita yang menjabat Kepala LIPI Press ini.

Kemudian Rahmi juga mengharapkan agar forum ini dapat membuka peluang jejaring dan kerja sama yang lebih intensif, khususnya antara LIPI Press dan Springer yang telah menjalin kerja sama sejak 2016. “Hingga saat ini telah ada 12 judul buku terbitan LIPI Press yang terpilih untuk diterbitkan kembali melalui mekanisme Co-Publishing bersama Springer, tiga di antaranya telah terbit. Ke depan diharapkan buku-buku yang diterbitkan melalui Springer bisa mencangkup lebih banyak topik keilmuan yang lebih luas sehingga berdampak pada meningkatkan aksesbilitas publik terhadap hasil-hasil penelitian LIPI”, tegasnya.

 

Sharing Knowledge

Dalam forum ini, para penulis buku hasil Co-Publishing LIPI-Springer berkesempatan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam proses penerbitan. Hadir pada kesempatan tersebut Lydya C. Naga selaku editor buku Six Decades of Indonesia-China Relations; Nanto Sriyanto selaku perwakilan penulis buku Foreign Policy and Energy Security Issues in Indonesia; dan Riwanto Tirtosudarmo selaku penulis buku The Politics of Migration in Indonesia and Beyond. Para penulis bersependapat bahwa diperlukan kerja sama dan komunikasi yang baik dari semua pihak dalam proses penerbitan sebuah buku, tak terkecuali adanya komitmen yang kuat dari penulis untuk merespons dan menyelesaikan naskahnya.  

Pada kesempatan tersebut,Vice President Book Publishing Springer, Myriam Poort membahas peran Springer Nature dalam penerbitan buku akademik, dan menjelaskan apa yang membedakan Springer Nature dengan penerbit lain. Dia juga menjelaskan ikhtisar tentang kategori dan format buku Springer, membahas integrasi cetak dan e-book, serta menggambaran seperti apa tampilan buku di masa depan.

Terkait kerja sama LIPI-Springer ini beliau menyampaikan bahwa “Publikasi hasil penelitian dengan tema-tema yang berseri menjadi daya tarik tersendiri untuk diterbitkan. Springer sangat fokus pada berbagai publikasi berbasis ilmu pengetahuan dengan topik penelitian yang berdampak global,” jelas wanita yang menjabat sebagai Wakil Presiden dari program buku humaniora Springer.

Sementara itu, Alex Westcott Campbell selaku Editor Springer memberikan tinjauan umum tentang proses penerbitan di Springer. Beliau merinci langkah-langkah dan kunci dalam menyusun proposal buku yang akan diterbitkan. Dia juga memberikan tinjauan umum tentang program buku humaniora dan ilmu sosial di Asia Tenggara, dan membahas manfaat penerbitan buku melalui perjanjian penerbitan bersama LIPI-Springer.“Buku-buku yang diterbitkan Springer harus memenuhi beberapa pertimbangan, salah satunya memiliki keunikan dan terseleksi sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” jelas Editor Bidang Humaniora dan Ilmu Sosial untuk Asia Tenggara, Springer.

 

Akses Buku untuk Publik dari Springer Nature

Di akhir acara disampaikan mengenai akses terbitan Springer untuk publik yang dijelaskan mulai dari biaya, panduan, dan kebijakan open akses terbitan springer serta tentang hak dan lisensi bagi penulis dan pembaca.

Melalui kesempatan ini, tim Springer menyampaikan fungsi dan fitur basis data Springer Nature dan bagaimana itu dapat mendukung para peneliti di Indonesia untuk lebih jauh mempelajari bidang penelitian mereka, baik di bidang Science, Technology, Engineering, Mathematics & Biology-Health (STEM) maupun Humanities and Social Sciences (HSS).

Dijelaskan bahwa Springer Nature dapat membantu para peneliti untuk mengidentifikasi bidang-bidang penelitian utama dan mitra untuk kerja sama, serta mengukur dampak dari hasil penelitian mereka dalam komunitas penelitian dengan mengakses tautan http://link.springer.com.*/mfs/

 

0 Komentar pada artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Email yang dimasukkan tidak akan dipublish. Inputan yang bertanda * harus diisi