Anda dapat mengunduh File PDF Kerangka Acuan Kegiatan Pelatihan Penulisan dan Penerbitan Buku Ilmiah LIPI Press 2018 di sini

 

Pelatihan Penulisan dan Penerbitan Buku Ilmiah

LIPI Press 2018

 

I. LATAR BELAKANG

Publikasi ilmiah merupakan salah satu indi­kator kinerja utama bagi seorang peneliti, sekaligus sebagai bentuk pengakuan kepakar­an seseorang pada komu­nitas­nya

Menulis buku adalah salah satu syarat kompetensi jabatan fungsional peneliti madya . Melalui buku, pekerja pengetahuan (knowledge worker) juga dapat men­diseminasikan ide, pemikiran, hasil penelitian dan pengem­bangan kepada pengguna akhir (end customers) sehingga dapat mem­perkaya khazanah pengetahuan pembaca, yang pada akhirnya meningkatkan keman­faatan informasi ilmiah bagi kesejahteraan masyarakat.

Proses penerbitan ilmiah (scientific publishing) pada prin­sipnya adalah proses kreatif peng­organi­sasian ide dan naskah (manuskrip) sampai menjadi output terbitan yang siap dibaca sesuai dengan kaidah dan standar mutu terbitan yang ditetapkan, baik substansi maupun aspek fisik terbitan. Namun, masih banyak pengguna layanan jasa yang belum memahami esensi proses penerbitan (publishing) dan menyempitkan fungsi penerbitan menjadi fungsi pencetakan (printing).

Sebagai bagian dari karya Tulis Ilmiah (KTI), buku membutuhkan lebih dari sekadar detail dan kedalaman materi. Cakupan materi substansi sebuah buku bisa saja lebih luas dan dapat melibatkan banyak penulis. Hal tersebut menyebabkan perlunya pertimbangan aspek-aspek teknis yang lebih kompleks dibanding­kan bentuk terbitan ilmiah lainnya. Faktor lain adalah naskah terbitan jurnal.

Untuk memastikan standar mutu ter­bitan, suatu naskah publikasi ilmiah yang akan diterbitkan harus melalui beberapa tahapan, mulai dari verifikasi naskah, penelahan dan penilaian naskah (review), copy editing, penyuntingan visual, proofreading, hingga desain. Secara keseluruhan proses penjaminan mutu buku yang diterbitkan .

 

II.  TUJUAN

Pelatihan Penulisan dan Penerbitan Buku Ilmiah LIPI Press 2018 bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM LIPI untuk menghasilkan publikasi ilmiah yang berkualitas, Secara khu­sus, pelatihan ini dimaksudkan untuk membagi pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada peserta bagaimana melaku­­kan alih naskah dari hasil penelitian menjadi buku yang siap untuk diterbitkan sesuai dengan kaidah, standar, dan ketentuan yang berlaku.

 

III. MATERI

Materi Pelatihan Penulisan dan Penerbitan Buku LIPI Press 201terdiri dari

1) Kebijakan Mutu Layanan Penerbitan Buku Ilmiah

Materi ini memberikan pemahaman terkait kebijakan mutu, strategi, dan ketentuan penerbitan dan penerbit ilmiah

2) Teknik dan Aplikasi Pembuatan Referensi Buku Ilmiah

Materi ini membantu penulis untuk membuat style penulisan referensi dan penggunaan beberapa aplikasi pembantu referensi.

3) Mekanisme dan Prosedur Penerbitan dan Jenis-jenis Buku Ilmiah

Materi ini mencakup ketentuan, format, sistematika KTI serta tata cara proses penerbitan dari mulai naskah masuk sampai menjadi output terbitan sesuai dengan kaidah penerbitan ilmiah dan gaya selingkung penerbitan

4) Landasan dan Praktik Copy Editing

Materi ini memaparkan seluk beluk filosofi dan prinsip-prinsip copy editing yang menyangkut pemeriksaan keterbacaan, struktur kalimat, ketelitian data dan fakta, yang diperlukan penulis dalam menyiapkan naskah buku yang baik.

5)  Konversi laporan teknis ke dalam Format KTI Buku

Materi ini membantu penulis dalam mengorganisasi draf step by step buku. Materi ini juga melibatkan sessi lesson learned dari narasumber penulis buku/editor buku

6) Mengembangkan Draft Naskah Buku Ilmiah

Konsultasi dan pendampingan langsung dengan pakar substansi/Dewan Editor dalam penyusunan draf buku

 

IV. METODE

Materi Penulisan dan Penerbitan Buku Ilmiah LIPI Press 2018 terdiri dari teori/konsep (30%) serta praktik penulisan draf buku(70%), termasuk proses pendampingan dan konsultasi menulis draf

 

V. PENYELENGGARA

Kegiatan Penulisan dan Penerbitan Buku Ilmiah LIPI Press 2018 diselenggarakan oleh UPT Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang beralamat di:

Jln. R.P Suroso No. 39 (Gondangdia Lama) Menteng, Jakarta Pusat, 10350. Telp. (021) 314 0228, 314-6942; Faks. (021) 314-4591

Facebook: LIPI Press

Instagram: @scientificpublishing

Website: www.lipipress.lipi.go.id

 

VI. WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan Penulisan dan Penerbitan Buku Ilmiah LIPI Press 2018 pada tanggal 7-9 Mei 2018 di Jambuluwuk Ciawi Resort, Jln. Raya Tapos No. 63, Jambuluk, Ciawi-Bogor.

 

VII. PESERTA

Sasaran peserta Penulisan dan Penerbitan Buku Ilmiah LIPI Press 2018 merupakan peneliti/penulis buku dari Balitbang/Kementerian/Lembaga

Diprioritaskan peneliti/penulis buku yang sudah memiliki draf buku/laporan teknis yang akan dibuat buku

 

VIII. NARASUMBER

Narasumber Pelatihan Penulisan dan Penerbitan Buku LIPI Press 2018 terdiri dari:

1) Dewan Editor LIPI Press (Substantial Editorial Board);

2) Pimpinan Penerbit LIPI Press

3) Editor teknis senior

4) Pakar/Penulis buku ilmiah

 

IX. TATA CARA PEMBAYARAN

Kegiatan Pelatihan Penulisan dan Penerbitan Buku Ilmiah LIPI Press 201melalui skema Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). sudah harus dilunasi 5 hari sebelum pelatihan ke rekening Bank Mandiri 123-00-0735622-5 atas nama BPN088 Balai Media dan Reproduksi.

 

X. BIAYA INVESTASI & FASILITAS

Biaya investasi sebesar Rp3.750.000,-/peserta*) sudah termasuk

  • Paket fullboard meeting selama pelaksanaan kegiatan (3 hari),
  • Materi pelatihan dalam format soft copy
  • e-book ‘Pedoman Penerbitan Buku LIPI Press’
  • 2 buku terbitan LIPI Press
  • Sertifikat pelatihan
  •  Pendampingan dan konsultasi penulisan

*)tidak termasuk transport dan uang saku. Biaya transportasi dari/ke tempat pelatihan dan uang saku harian ditanggung oleh instansi masing-masing.

 

ISI FORMULIR CALON PESERTA