Pembiayaan Penerbitan

Terkait pembiayaan, sesuai dengan visi dan misi pendirian LIPI press, LIPI press merupakan penerbitan ilmiah di bawah kelembagaan LIPI, dengan demikian dalam kaitannya sebagai pengelola penerbitan telah ditetapkan kebijakan sebagai berikut:

  1. LIPI press memfasilitasi pembiayaan proses penerbitan buku ilmiah yang dihasilkan oleh kegiatan penelitian di satker atas nama civitas peneliti LIPI. Hal ini terkait dengan kepemilikan hak cipta atas hubungan kedinasan sebagaimana UU no 28 Tahun 2014, utamanya pasal 35 dan 36. Ini artinya, hak cipta atas publikasi LIPI (yang nota bene merupakan hasil penelitian) tetap dimiliki oleh lembaga/LIPI.
  2. Untuk naskah yg dihasilkan bukan dari hasil penelitian LIPI atau penulis/peneliti LIPI yg melakukan kegiatan penelitian dengan pihak-pihak lain di luar LIPI, tentu saja LIPI Press perlu mengetahui lebih dalam bagaimana status kepemilikan Hak cipta atas publikasi hasil penelitian tersebut. Hal ini sangat penting bagi LIPI Press untuk menghindari tuntutan pelanggaran hak cipta di kemudian hari. (Mengingat amanah UU hak cipta no 28 Tahun 2014). Terlebih, jika ada pihak lain yg membiayai kegiatan peneltian yg dipublikasikan tersebut melalui skema kerjasama tertentu. Umumnya kepemilikan HKI dan Hak cipta atas kerjasama dua belah pihak ini dituangkan dalam butir-butir perjanjian kerjasama. Kepemilikan hak cipta ini selanjutnya dinyatakan dalam Katalog dalam Terbitan (KDT) buku.
  3. Karena keterbatasan anggaran LIPI Press saat ini, untuk poin 1 LIPI Press full akan membiayai, namun untuk kondisi poin 2 di atas pengusul naskah dapat menerbitkan di LIPI press, namun pembiayaan penerbitan dibebankan kepada pengusul, khususnya untuk keperluan copy editing, layout, desain dan pencetakan buku melalui skema Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebagaimana tercantum dalam PP no 106 tahun 2012. Untuk pengguna jasa penerbitan ilmiah poin 2, LIPI Press hanya membantu memfasilitasi biaya review substansi naskah sebelum penerbitan (@ 2 kali reviu untuk 2 reviewer).

Apabila ada hal-hal yang memerlukan penjelasan lebih lanjut terkait proses penerbitan, dapat menghubungi LIPI Press melalui email press@mail.lipi.go.id atau melalui telepon 021 3940228 (CP Bu Kania).