Standar Pelayanan

 

 

STANDAR PELAYANAN PENERBITAN ILMIAH LIPI PRESS

No

Komponen

Uraian

A

Komponen    Standar    Pelayanan    yang    terkait    dengan    proses penyampaian pelayanan (service delivery)

 

Persyaratan

LIPI Press ini menerima usulan karya melalui dua jalur yakni program akuisisi dan nonakuisisi, dengan persyaratan berikut ini.  

 

Melampirkan surat pernyataan yang ditandatangani minimal oleh dua pihak, yaitu:

  1.    Pengusul (penulis buku atau kreator audiovisual);
  2.    Persetujuan/rekomendasi dari:
  3.     Jika karya yang diusulkan sudah pernah diterbitkan, surat pernyataan ditandatangani oleh penerbit sebelumnya, sebagai bukti persetujuan mengikuti program akuisisi ini; atau
  4.    Jika karya yang diusulkan belum pernah diterbitkan, harus ada rekomendasi dari kepala satuan kerja/toko masyakarat/ahli/pakar dalam bidang ilmu/topik terkait konten yang diusulkan sebagai bukti rekomendasi mengikuti program akuisisi ini.

 

Penyerahan Naskah Buku yang Telah Terbit

  1.    Memiliki ISBN/E-ISBN
  2.    Diterbitkan oleh Penerbit anggota Ikapi
  3.    File buku versi PDF yang terdiri dari sampul dan isi buku

 

Penyerahan Naskah Buku yang Belum Terbit

  1.    Menyerahkan naskah lengkap, rapi, dan sistematis sesuai dengan anatomi buku.
  2.    Memenuhi format penyerahan naskah berikut.
  3.    File manuskrip minimal 90 halaman dengan format file Ms. Word
  4.    Margin: Atas 2,5 cm, bawah 2,5 cm, kanan 2,5 cm, dan kiri 3 cm.
  5.    Jenis huruf Times New Roman Ukuran: 12 pt.
  6.    Satu kolom, ditik dengan jarak 1,5 spasi.
  7.    Setiap halaman diberi nomor berurutan.
  8.    Setiap Gambar dan Tabel wajib diberi identitas berupa penomoran. 
  9.    File Naskah dikirimkan dengan format Judul dan Nama Penulis.

 

 

 

Penyerahan Audiovisual

  1.    Melampirkan surat rilis audiovisual yang dibuat oleh produserapabila kreator bekerja secara mandiri.
  2.    Melampirkan desain produksi yang terdiri dari judul, sinopsis, naskah, konsep, biodata kreator (produser, sutradara, animator) dan credit title.
  3.    Memenuhi format penyerahan audiovisual sebagai berikut:
  4.     Durasi audiovisual 1-60 menit;
  5.    Resolusi video minimal full HD 1920 x 1080;
  6.     Format .mp4 atau .mov;
  7.    Audio stereo

 

Seluruh berkas lengkap dikirimkan melalui:

  1.    Karya yang Sudah Pernah Terbit: https://forms.gle/3pGeM6R3UHX2WmBD6
  2.    Karya yang Belum Pernah Terbit: https://forms.gle/PqbXacUQVN8SRKaE7
  3.    Dokumen pernyataan dapat diunduh melalui tautan https://drive.google.com/file/d/1GztK_Q0rRfUwA90PVgkKWdbSMc8SQSiq/view?usp=sharing

 

 

Sistem, mekanisme, dan prosedur

 

Penilaian dilakukan dengan penekanan pada aspek legalitas, orisinalitas, dan kualitas karya, seperti kelengkapan unsur anatomi buku, kualitas substansi dan alur pembahasan (5W+H), kesiapan naskah, keterbacaan naskah, kualitas ilustrasi, kelengkapan pustaka, dan rekam jejak penulis/kreator. Sementara itu, untuk audiovisual, seperti unsur-unsur sinematografi, ide, isi, dan alur cerita, teknis produksi, kesesuain substansi dengan tema, dan kreativitas.

 

 

Jangka waktu pelayanan

Pendaftaran dibuka sepanjang tahun. Karya yang masuk akan diverifikasi dan dinilai setiap empat bulan dengan sistem antrean dan batasan kuota. Karya yang diterima akan diumumkan melalui media sosial dan website LIPI Press pada bulan April, Juli, dan November tiap tahunnya.

 

Untuk buku yang belum terbit akan masuk dalam proses layanan penerbitan dengan standar waktu layanan menghitung waktu layanan di penerbit sebanyak 100 hari kerja, terdiri dari

  •   Verifikasi naskah
  •   Penyuntingan substansi
  •   Penyuntingan teknis/pracetak (copyedit, layout, proofread)
 

Biaya/tarif

 

Gratis

 

Produk Pelayanan

  •   E-book buku ilmiah.
  •   Audiovisual
 

Penanganan pengaduan, saran dan masukan

Penyampaian informasi ketidaksesuaian standar pelayanan dapat disampaikan melalui:

Pejabat Pengelola lnformasi dan Dokumentasi (PPID) LIPI Press, yang merupakan petugas khusus yang kompeten untuk menangani pelayanan informasi  dan  pengaduan masyarakat.

Pelayanan pengaduan menggunakan sarana dan prasarana dapat disampaikan melalui website lipipress.lipi.go.id atau kanal berikut:

Email  : press@mail.lipi.go.id

Telepon selama jam kerja  : 021-5733465

Whatsapp     : 081-2222-8485

Instagram     : @lipi.press

Facebook      : LIPI Press

Twitter          : @LIPI_Press

B

Komponen  Standar  Pelayanan  yang  terkait  dengan  proses pengelolaan       pelayanan   di   internal   organisasi   (manufacturing) meliputi:

 

 

Dasar hukum

  1.    Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2.    Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;
  3.    Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik;
  4.    Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan;
  5.    Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  6.     Perka LIPI nomor 05 tahun  2014 tentang Kode Etika Publikasi
  7.    Perka LIPI nomor 08/E/2013 tentang Klirens Etik Penelitian dan Publikasi Ilmiah;
  8.    Perka  LIPI nomor 04/E/2012  tentang Pedoman KTI;
  9.    Perka  LIPI nomor 823/E/2011 tentang Kode Etika  Penelitian
  10. Perka LIPI nomor 6 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja, Balai Media dan Reproduksi;
  11. Pedoman Penerbitan Buku LIPI Press Tahun 2019.

 

 

Sarana dan prasarana, dan/atau fasilitas

  1.    Ruang kerja editor ber AC
  2.    Website dan sistem layanan daring penerbitan buku berbasis Open Monograph Press (OMP)
  3.    Basis data cloud penerbitan dan jaringan internet nirkabel
  4.    Ruang arsip
  5.    Komputer dan laptop spesifikasi tinggi
  6.    Peralatan pengambilan gambar
  7.    Printer/mini offset, fotokopi, pemindai
  8.    Aplikasi resmi desain dan penerbitan
  9.    Ruang business meeting  dan ruang baca (2)
  10. Lobi kantor
  11. TV monitor layanan penerbitan
  12. Ruang display buku/produk penerbitan
  13. Gudang buku skala terbatas
  14. Alat komunikasi:telepon dan fax,
  15. Ruang rapat besar dan ruang rapat kecil
  16. Peralatan promosi dan pameran buku (monitor displai, rak buku berbagai tipe, meja dan kursi untuk meet customer)

 

 

Kompetensi pelaksana

1)    Editor akuisisi

2)    Penilai/penelaah pakar

3)    Editor bahasa

4)    Desainer

5)    Editor audiovisual

6)    Animator

7)    Kameraman

8)    Tenaga IT

9)    Tenaga Administrasi

10)Sekretaris

 

 

Pengawasan internal

1)    Menerapkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) untuk layanan penerbitan 1 kali dalam setahun

2)    Menerapkan ZI/RB di lingkungan LIPI Press

3)    Pengawasan oleh atasan langsung secara berjenjang

 

 

Jumlah pelaksana

1)    Editor akuisisi: 5 orang

2)    Penilai/penelaah pakar: menyesuaikan kebutuhan

3)    Editor bahasa: 3

4)    Desainer: 2

5)    Layouter: 1

6)    Editor audiovisual: 1

7)    Animator:  1

8)    Kameraman: 2

9)    Sutradara: 1

10)Tenaga IT: 1

11)Tenaga Administrasi: 2

12)Sekretaris: 1

 

 

Jaminan pelayanan

1)    Layanan penerbitan tidak dipungut biaya;

2)    Layanan penerbitan tidak diskriminatif;

3)    Kesesuaian proses terbit dinilai sesuai dengan Maklumat pelayanan penerbitan LIPI Press;

4)    Produk yang dihasilkan sesuai dengan format dan sistematika Pedoman Penerbitan LIPI Press 2019

 

 

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

Kerahasiaan dan kemanan data-data penerbitan dikelola sesuai dengan UU no 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta

 

 

Evaluasi kinerja pelaksana

 

 

1)    Monitoring dan evaluasi status terbitan paling sedikit 3 bulan sekali

2)    Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan tingkat satuan kerja dilakukan sedikitnya 3 bulan sekali

3)    Monitoring dan evaluasi kinerja dilakukan melalui umpan balik pelanggan penerbitan (kuesioner kepuasan pelanggan)  setiap selesai proses penerbitan