Struktur Organisasi

Tugas UPT Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press) sebagai penerbit korporat LIPI telah ditegaskan pada pasal 2 Keputusan Kepala LIPI No. 1027/M/2002 sebagai berikut:

UPT Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press) mempunyai tugas perencanaan, pelaksanaan, penyebaran dan pemasaran hasil-hasil terbitan tercetak dan elektronik, menjamin mutu terbitan, menjaga mutu ilmiah yang tinggi terkait, dan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan Kepala LIPI.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada Pasal 2, Balai Media dan Reproduksi menyelenggarakan fungsi :

  1.  Penyiapan naskah dan menyunting naskah terbitan;
  2.  Pelaksanaan produksi;
  3.  Pelaksanaan urusan tata usaha.

Balai Media dan Reproduksi terdiri dari:

  1. Subbagian Tata Usaha;
  2. Seksi Penyiapan Bahan;
  3. Seksi Produksi;
  4. Kelompok Jabatan Fungsional.

Catatan: Dalam SK memang tertulis ada 2 seksi, namun berdasarkan Surat Persetujuan Menteri PAN No. 152/M.PAN/6/2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT LIPI, Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press) hanya memiliki 2 eselon IV.b, yaitu KaSubbag TU dan 1 KaSeksi Penyiapan Bahan dan Produksi

  1. Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan tata persuratan dan kearsipan, kepegawaian, keuangan, perlengkapan, rumah tangga, pemeliharaan dan perawatan sarana penerbitan, penyiapan bahan penyusunan rencana strategis, penyusunan laporan serta melakukan penyebaran dan pemasaran penerbitan;
  2. Seksi Penyiapan Bahan mempunyai tugas mencari, menyusun, menilai dan menyunting naskah terbitan;
  3. Seksi Produksi mempunyai tugas melakukan produksi terbitan dalam bentuk tercetak dan elektronik.
  4. Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.